Kamis 05 Jul 2018 20:22 WIB

29.675 Visa Jamaah Haji Sudah Selesai

Visa yang keluar adalah visa calon jamaah haji yang berangkat di kloter awal.

Rep: Muhyiddin/ Red: Friska Yolanda
Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menata dokumen paspor dan visa jamaah calon haji di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (27/7).
Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menata dokumen paspor dan visa jamaah calon haji di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (27/7).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) terus memproses penyelesaian visa jamaah haji Indonesia. Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji, Nasrullah Jassam mengatakan bahwa saat ini ada 29 ribu lebih visa jamaah haji yang sudah selesai diurus.

“Sampai sore ini, total 29.675 visa jamaah haji Indonesia yang sudah keluar. Ini setara dengan 75 kloter,” ujar Nasrullah di Jakarta, Kamis (5/7).

Dia mengatakan, visa yang telah keluar itu rata-rata milik jamaah yang akan berangkat lebih dulu pada kloter-kloter awal. “Rata-rata adalah visa jamaah yang akan berangkat pada kloter-kloter awal,” ucapnya.

Menurut Nasrullah, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Arab Saudi untuk mempercepat proses pemvisaan. Sampai saat ini, kata dia, rata-rata ada 8.000 visa yang diterbitkan setiap harinya.

“Kami berharap dalam 15 hari ke depan, penerbitan visa sudah selesai semua,” katanya.

Sementara, tambah Nasrullah, paspor jamaah haji reguler yang sudah diserahkan oleh Kanwil Kemenag Provinsi kepada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah sudah mencapai 170.652. Dari jumlah itu, 161.700 sudah diverikasi untuk selanjutnya diproses pemvisaannya.

Pemberangkatan jamaah haji Indonesia akan mulai dilakukan pada 12 hari ke depan. Kloter pertama di semua embarkasi akan mulai diterbangkan ke Arab Saudi pada 17 Juli 2018.

“Kami upayakan dan optimis kalau visa akan selesai sesuai target sehingga tidak ada masalah keterlambatan visa,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement