Ahad 08 Jul 2018 12:59 WIB

Pesan untuk Travel Umrah dan Haji: Jaga Amanah

Jadikan bisnis travel umrah dan haji sebagai niat beribadah.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko
Pengunjung melihat paket perjalanan haji, umrah dan wisata pada Islamic Travel Mart Exhibition di Jakarta beberapa waktu lalu (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pengunjung melihat paket perjalanan haji, umrah dan wisata pada Islamic Travel Mart Exhibition di Jakarta beberapa waktu lalu (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Setelah terbentuk pada 28 Mei 2018 lalu, asosiasi Serikat Penyelenggara Umroh dan Haji Indonesia (Sapuhi) resmi melantik 170 anggota kepengurusan periode 2018-2023 pada Jumat (6/7) di Kemayoran, Jakarta Pusat. Pelantikan yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher tersebut juga dihadiri sejumlah tamu penting lain, seperti duta besar Uzbekistan, dan beberapa pihak maskapai penerbangan.

“Semoga amanah yang diberikan pada kami akan kami jalani sebaik mungkin. Insya Allah dapat kami jalani bersama-sama,” ujar Syam Resfiadi selaku ketua umum terpilih.

Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher mengaku bersyukur dengan terbentuknya Sapuhi. Dia juga berharap asosiasi ini mampu mengembalikan kepercayaan masyarkat terhadap agen perjalanan haji dan umrah, mengingat semakin banyaknya korban kasus penipuan agen perjalanan.

“Kita menyambut baik Sapuhi dan kita memberikan dukungan. Silahkan bekerja sebaik-baiknya dan terpenting adalah menjalani STAF (Siddiq tablig amanah fathonah),” kata Ali saat menyampaikan sambutan, Jumat (6/7).

Dia menyarankan para penyelenggara agen perjalanan untuk memenuhi aspek penting saat menjalani bisnis terutama saat melakukan transaksi dengan konsumen. Adapun aspek yang perlu dilengkapi, lanjut Ali adalah legalitas hukum, jaminan dukungan finansial, dan stakeholder pendukung.

“Anda semua harus memperkuat Kordinasi, informasi, sinergitas dan Silaturahim (KISS). Ingat bahwa sebuah perusahaan dapat berhasil jika berada pada lima prinsip yaitu idealisme, networking, trust, keberlanjutan, dan logistik,” saran Ali.

Dia berpesan pada seluruh pengurus Sapuhi, agar menjadikan bisnis agen perjalanan ini sebagai niat untuk beribadah kepada Allah SWT. Dia juga berharap Sapuhi mampu melakukan membuktikan kinerja yang positif, sehingga masyarakat dapat menjadikan Sapuhi sebagai alternatif yang tepat dalam memilih agen perjalanan.

“Saya melihat keinginan teman-teman Sapuhi sangat besar untuk melakukan upaya hijrah atau perbaikan, sehingga memunculkan kembali Trust masyarakat akan penyelenggara umroh yang akhir akhir ini mengalami kemerosotan atau krisis kepercayaan,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement