Ahad 08 Jul 2018 16:23 WIB

IPHI Diminta Cegah Penipuan Umrah dan Haji

IPHI yang anggotanya jutaan orang, juga sangat strategis sebagai kekuatan moral.

dalam Temu Tokoh Nasional IPHI bekerjasama dengan MPR RI di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen Senayan, Ahad (8/7).
Foto: istimewa
dalam Temu Tokoh Nasional IPHI bekerjasama dengan MPR RI di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen Senayan, Ahad (8/7).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta jajaran pengurus dan jutaan anggota Ikatan Pengurus Haji Indonesia (IPHI) yang tersebar di seluruh tanah air membantu mencegah terjadinya penipuan umrah dan haji yang semakin mengkhawatirkan.

"Penipuan ini sangat-sangat memprihatinkan. Bayangkan ada ribuan orang gagal ke Mekah, atau terlantar. Kasihan sudah ada yang jual sapi dan jual tanah. Ada uang triliunan rupiah dari masyarakat yang jadi korban penipuan," kata dia dalam Temu Tokoh Nasional IPHI bekerjasama dengan MPR RI di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen Senayan, Ahad (8/7).

Zulkifli menilai semua pihak harus peduli mencegahnya. Dia mempertanyakan tanggung jawab pengawasan oleh pemerintah selama ini. Menurut dia, IPHI bisa menyumbangkan gagasan yang substantif sebagai upaya mencegah terjadinya berbagai penipuan tersebut. Juga IPHI bisa menyumbangkan gagasan agar penyelenggaraan umrah dan haji jadi lebih baik.

"Saya sangat berharap IPHI bisa membantu mencegah agar masyarakat tidak tertipu," kata dia dalam siaran persnya.

photo
Infografis Umrah

Lebih lanjut, Zulkifli menganggap IPHI yang anggotanya jutaan orang, juga sangat strategis sebagai kekuatan moral menjaga masyarakat dan NKRI. Maka pihaknya menjadikan IPHI sebagai mitra untuk sosialisasi Nilai Nilai 4 Pilar yang strategis yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Para haji seharusnya jadi teladan, sebagai sosok yang Pancasilais. Dan bersama ulama bisa menjadi penyejuk ummat yang dilanda berbagai krisis," kata Zulkifli yang Ketua Umum DPP PAN tersebut.

Menanggapi permintaan tersebut, Sekjen PP IPHI H Samidin Nashir mengatakan apa yang menjadi harapan Zulkifli kepada IPHI sudah selaras dengan rekomendasi Rakernas IPHI Regional II 2018 di Asrama Haji Bekasi, Jawa Barat. IPHI dan pemerintah sama-sama mempunyai SDM. Prinsipnya IPHI siap menjadi mitra strategis pemerintah untuk mencegah berbagai penipuan serta memberikan masukan perbaikan penyelenggaraan umrah dan haji. IPHI siap menjadi mitra pemerintah dalam penyelesaian masalah keumatan maupun kebangsaan. "Harapan Pak Zulkifli sudah selaras dengan rekomendasi Rakernas IPHI Regional II. Klop sudah," jelas pria asal Kebumen tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, IPHI memberikan IPHI Award 2018 diberikan kepada Zulkifli sebagai Ketua MPR RI dan pejabat publik yang sangat peduli kepada IPHI. "Kami berharap apa yang dilakukan Pak Zulkifli bisa diikuti pejabat publik yang lain. Mereka bisa lebih mengenal dan peduli kepada IPHI yang besar ini," kata Samidin yang Ketua Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement