Sabtu 14 Jul 2018 22:16 WIB

Keluarga Diminta Doakan dan Dukung Petugas Haji

PPIH diharapkan dapat memegang semangat SHARI dalam menjalankan tugas.

Rep: erdy nasrul/ Red: Ani Nursalikah
Petugas menyiapkan dokumen paspor dan visa jamaah calon haji (JCH) di Gedung Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (14/7).
Foto: Antara/Moch Asim
Petugas menyiapkan dokumen paspor dan visa jamaah calon haji (JCH) di Gedung Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (14/7).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 317 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1439 H/2018 M daerah kerja Madinah dan Bandara diberangkatkan menuju Arab Saudi dari Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (14/7). PPIH terdiri dari 122 orang dari Kemenkes dan 195 orang dari Kemenag.

Sementara pemberangkatan PPIH untuk daerah kerja Makkkah akan diberangkatkan 19 Juli yang terdiri dari 148 PPIH Kementerian Kesehatan dan 240 PPIH Kemenag. Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Eka Jusup Singka dalam kesempatan terpisah mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas kepada PPIH.

Tak lupa pula disampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan persiapan kesehatan haji di Tanah Air dan di Saudi. "Saya berterima kasih kepada semua keluarga tenaga kesehatan haji yang telah mengizinkan para petugas menjadi pelayan tamu Allah. Mohon semua keluarga mendoakan kami semua sehingga pelaksanaan kesehatan haji berjalan lancar dan sukses," ujar Eka.

Dia berpesan agar PPIH Kesehatan dapat menjalankan tugas dengan penuh dedikasi karena ini menyangkut kesehatan jamaah haji Indonesia di luar negeri. Suhu udara di Tanah Suci diperkirakan lebih dari 50 derajat celcius. Jamaah berisiko tinggi mencapai 63 persen.

Eka juga meminta agar PPIH dapat memegang semangat SHARI dalam menjalankan tugas di sana. "Kita harus memegang semangat SHARI. Sigap Handal Amanah Resposif dan Inovatif. Insya Allah akan dapat menjalankan tugas dengan baik," kata Eka.

PPIH dari Kementerian Kesehatan terdiri dari empat tim, yaitu tim manajerial, tim promotif preventif (TPP), kuratif rehabilitatif (TKR) dan tim gerak cepat (TGC). Tim manajerial bertugas untuk mengoordinasikan persiapan dan pelaksanaan kegiatan dalam penyelenggaraan kesehatan haji.

Tim promotif preventif bertugas untuk memberikan pelayanan peningkatan kesehatan (promosi) dan pencegahan kesehatan dalam penyelenggaraan kesehatan haji. Tim kuratif rehabilitatif bertugas memberikan pelayanan kesehatan bagi jamaah haji sakit di pos kesehatan dan klinik kesehatan haji Indonesia (KKHI) Tim gerak cepat bertugas melakukan evakuasi atau pertolongan dalam rangka perlindungan kesehatan haji.

Baca juga: Kemenag Siapkan Tim Pengawas Haji Khusus

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement