Senin 16 Jul 2018 12:02 WIB

Saudi Buka Situs Pendaftaran bagi Jamaah Qatar

Jamaah dapat menggunakan tautan itu untuk mengatur urusan akonodasi dan transportasi.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Friska Yolanda
Jamaah haji dari berbagai negara mulai berdatangan di Makkah, Arab Saudi.
Foto: AP Photo/Dar Yasin
Jamaah haji dari berbagai negara mulai berdatangan di Makkah, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyambut baik kedatangan jamaah haji asal Qatar pada musim haji tahun ini. Jamaah haji Qatar yang ingin menjalankan ibadah haji dapat mendaftar melalui tautan kementerian  http://qh.haj.gov.sa

"Kedatangan dan keberangkatan jamaah Qatar akan berlangsung melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah, melalui berbagai maskapai penerbangan kecuali Qatar Airways," demikian pernyataan kementerian haji dan umrah Saudi, dilansir Arab News, Senin (16/7).

Link khusus tersebut dibentuk karena kurangnya kerja sama di bagian kantor urusan jamaah di Qatar dengan pihak-pihak yang berkepentingan dalam menyelesaikan pengaturan bagi jamaah. Jamaah dapat menggunakan tautan tersebut untuk mengatur urusan terkait akomodasi, transportasi, dan makanan di Makkah dan Madinah.

Baca juga, Jamaah Haji dan Burung Besi

Dalam pernyataannya, kementerian mengatakan bahwa tertanggal 30 Juni 2018, pemerintah Saudi telah menyelesaikan semua pengaturan yang diperlukan untuk melayani jamaah Qatar yang ingin melaksanakan haji tahun ini. Hal itu karena tidak ada tanggapan dan kerja sama dari Kementerian Wakaf Qatar dengan otoritas di Saudi untuk menyelesaikan pengaturan dan persyaratan bagi jamaah Qatar.   

Sebelumnya, kementerian menegaskan bahwa pemerintah Saudi menyambut jamaah dari berbagai kebangsaan, sekte dan ras dari seluruh dunia. Mesir, Arab Saudi, Bahrain, dan Uni Emirat Arab (UEA) yang secara kolektif dikenal sebagai Anti-Teror Quartet bersikeras bahwa Qatar harus mematuhi 13 titik daftar tuntutan untuk menahan diri dari mendukung dan mensponsori teror, dan berhenti mencampuri urusan internal negara-negara lain.

Baca juga, Suhu 50 Derajat Celcius, Jamaah Haji Harus Banyak Minum

Sementara itu, Yayasan Pemandu Jamaah untuk Negara-negara Afrika Non-Arab menyambut kedatangan kelompok pertama jamaah dari Afrika Selatan pada Ahad (15/7). Jamaah tersebut tiba di Terminal Haji di Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah. 

Ketua Dewan Direksi Yayasan, Rami Bin Saleh Labani, mengucapkan selamat kepada jamaah yang telah tiba di tempat-tempat suci di Saudi. Ia menekankan bahwa yayasan telah menyelesaikan persiapan teknis dan jamaah untuk musim Haji ini, di bawah arahan Menteri Haji dan Umrah Saudi Dr Muhammad Saleh Bin Taher Benten. Yang mana, mereka menerima jamaah dan memberi mereka layanan yang tepat pada saat kedatangan sampai keberangkatan mereka ke tanah air dengan selamat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement