Jumat 20 Jul 2018 08:50 WIB

Jamaah Malaysia di Madinah Segera Bergeser ke Makkah

45 persen jamaah tiba di Madinah lebih dulu sebelum bergeser ke Makkah.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Friska Yolanda
Calon jamaah haji Malaysia
Foto: Malaysian Digest
Calon jamaah haji Malaysia

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Jamaah haji Malaysia yang tiba sejak 15 Juli akan segera bergeser ke Makkah. Kelompok pertama ini akan meninggalkan Madinah dalam empat jam perjalanan dengan bus pada Ahad (22/7).

Selain itu, akan ada penerbangan langsung bagi jamaah Malaysia dari Kuala Lumpur International Airport (KLIA) menuju Jeddah mulai 28 Juli.

Kelompok ini juga akan langsung menuju Makkah.

Dilansir New Straits Times, sekitar 5.000 orang telah tiba di Arab Saudi. Termasuk tim advance yang di antaranya tim medis dan media. Mereka akan meninggalkan Madinah mulai besok.

Sekitar 45 persen jamaah Malaysia dijadwalkan tiba di Madinah dulu sebelum bergeser ke Makkah untuk ritual haji. Mereka memiliki sejumlah agenda di tempat Nabi Muhammad setelah hijrah dan disemayamkan tersebut

Kota Madinah terletak 340 km di utara kota Makkah. Madinah al-Munawarrah dulunya dikenal sebagai kota Yastrib. Meski tidak diwajibkan, para jamaah biasanya berkunjung ke Madinah untuk menghabiskan waktu beribadah di masjid Nabawi.

Tinggal di Madinah juga bertujuan memperdalam pemahaman tentang Islam dengan mengunjungi sejumlah situs dan masjid bersejarah. Jamaah pun dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi ritual haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement