Jumat 20 Jul 2018 22:31 WIB

Petugas Haji Rutinkan Olahraga

senam juga diperlukan untuk melepaskan ketegangan setelah bekerja.

Setiap Jumat Pagi, petugas di KKHI menggelar senam ersama.
Foto: Dok Kementerian Kesehatan
Setiap Jumat Pagi, petugas di KKHI menggelar senam ersama.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Setiap Jumat Pagi, petugas di KKHI menggelar senam bersama. Senam dilakukan di lantai 5 gedung pada pukul 06.00 - 07.00 waktu Arab Saudi. Lebih dari waktu ini, sudah tidak nyaman lagi untuk olahraga di ruang terbuka karena cuaca sudah panas.

Direktur KKHI Madinah dr. Muhamad Yanuar, Sp.P mengatakan bahwa selain untuk menjalin hubungan dengan sesama petugas kesehatan haji 2018, senam juga diperlukan untuk melepaskan ketegangan setelah bekerja.

"Kita perlu senam bersama untuk melepaskan ketegangan dalam menghadapi pekerjaan sehari-hari di KKHI. Selain itu biar badan kita tetap fit dan segar dalam menghadapi pekerjaan di KKHI ini," ungkapnya. Untuk itu, Yanuar meminta agar senam rutin setiap Jumat pagi dapat terus dilaksanakan selama bertugas di musim haji ini.

Selain kepada petugas kesehatan haji, Yanuar juga mengimbau agar jamaah haji juga melakukan senam di sela-sela menjalankan ibadah. "Jamaah butuh refreshing selain menjalankan ritual ibadah. Karena haji ini adalah ibadah fisik, maka diperlukan relaksasi dengan senam peregangan," ujarnya.

Menurut Yanuar, jamaah dapat melakukan gerakan sederhana untuk kepala, bahu, tangan, pinggang dan kaki. "Jmaah bisa lakukan perdagangan di hotel dengan sederhana aja. Tidak usah terlalu lama dan tidak usah terlalu yang berat-berat. Yang ringan-ringan saja gitu," kata Yanuar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement