Selasa 24 Jul 2018 07:18 WIB

Petugas Haji Diimbau tak Menumpuk Pekerjaan

Integritas juga harus dimiliki setiap petugas.

Kepala Daker Makkah Dr Endang Jumali meninjau kesiapan dapur katering jamaah haji di Makkah pada Senin (23/4)
Foto: Republika/Erdy Nasrul
Kepala Daker Makkah Dr Endang Jumali meninjau kesiapan dapur katering jamaah haji di Makkah pada Senin (23/4)

IHRAM.CO.ID, Oleh: Erdy Nasrul dari Makkah, Arab Saudi

MAKKAH -- Kepala Daerah kerja Makkah Endang Jumali mengimbau petugas haji melaksanakan tugas dengan maksimal. Mereka harus menyelesaikan berbagai tugas secepat mungkin.

“Apa yang bisa diselesaikan hari ini maka jangan ditunda,” ujar Endang di Syisyah Makkah beberapa waktu lalu.

Menumpuk pekerjaan hanya akan menambah permasalahan. Selain mendapatkan teguran pimpinan, menunda tugas menunjukkan performa seseorang kurang serius melaksanakan amanah yang diemban.

Beberapa hari ke depan jamaah akan memadati Tanah Suci. Waktu petugas akan banyak disibukkan untuk melayani jamaah. Ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dalam sehari. Endang mengimbau petugas menjaga kesehatan agar performa melayani jamaah terjaga.

Selain itu, pria yang sehari-hari menjabat Kasubdit Bimbingan Jamaah Haji Kemenag ini juga mengimbau petugas harus berinovasi. Prinsip ini merupakan salah satu budaya kerja di lingkungan Kementerian Agama. Menciptakan terobosan harus selaras dengan kaidah meneruskan budaya lama yang baik dan mengambil hal baru yang lebih baik.

Integritas juga harus dimiliki setiap petugas. Artinya keselarasan hati dengan pikiran dan perbuatan. Jika hati tidak mau memberikan pelayanan yang baik, maka pikiran dan perbuatan akan tidak singkron. Akibatnya, performa melayani jamaah menjadi asal-asalan.

“Jangan sampai dalam bertugas hanya sekadar asal bertugas. Hasilnya akan sia-sia. Diri sendiri yang akan menyesal,” kata Endang.

Petugas juga harus profesional, yaitu berkompeten melaksanakan fungsinya. Kompetensi sudah dibuktikan melalui ujian rekrutmen petugas haji yang dilakukan Kementerian Agama beberapa bulan lalu.

Setiap petugas diharapkan berdisiplin, berkomitmen melaksanakan tugas dengan baik. “Disiplin akan menumbuhkan pertanggungjawaban,” kata pria kelahiran Cianjur, 4 Mei 1976 ini.

“Terakhir adalah keteladanan, menjadi sebuah contoh dan cerminan bagi orang lain,” kata Endang.

Dia tidak ingin mendapatkan petugas yang asyik berswafoto atau berkomunikasi tidak penting di tengah melaksanakan tugas. Jika tidak ada hal mendesak, maka petugas harus fokus melaksanakan fungsinya.

Saat ini, PPIH Daker Makkah sibuk mempersiapkan kedatangan jamaah haji. Para tamu Allah dari Indonesia akan disambut kedatangannya beberapa hari lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement