Senin 30 Jul 2018 11:24 WIB

Saudi Sediakan Penitipan Anak untuk Jamaah Haji Lokal

Biaya yang dibebankan sebanyak 2.500 riyal.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Masjid al-Haram, Makkah.
Foto: saudigazette
Masjid al-Haram, Makkah.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi membangun sistem e-portal untuk jamaah setempat yang ingin menitipkan anaknya selama mereka berhaji. Portal tersebut dapat digunakan untuk mendaftarkan anak-anak mereka di taman kanak-kanak dan penitipan sementara yang didirikan di Makkah.

Tempat penitipan anak ini bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Dewan koordinasi perusahaan haji domestik. Mohammed Saad Al-Qurashi yang bertanggung jawab atas program tersebut di dewan koordinasi mengatakan inisiatif ini telah memasuki tahun kedua.

Menurutnya, pelaksanaan tahun lalu sangat sukses sehingga digelar kembali tahun ini. Dia mengatakan anak-anak akan mulai diterima di Kudai, Makkah pada 7 Dzulhijah atau 18 Agustus. Mereka akan dikembalikan ke keluarganya pada 13 Dzulhijah atau 24 Agustus.

Dilansir di Saudi Gazette, Ahad (29/7) Al-Qurashi mengatakan biaya untuk perawat dan taman kanak-kanak adalah 2.500 riyal. Pembayaran dilakukan secara elektronik melalui sistem pembayaran Sadad.

Sementara itu, Tuwafa untuk jamaah dari Turki, Eropa, Amerika dan Australia telah menyerap 130 karyawan. Mereka memberikan layanan lapangan kepada jamaah, termasuk perawatan kesehatan dan bimbingan.

Anggota dewan, Abdulaziz Al-Sirouji mengatakan ada ambulans yang dilengkapi paramedis terlatih. Mereka akan mengangkut jamaah darurat ke rumah sakit dan menindaklanjuti mereka di sana.

Tuwafa juga bertugas membawa jamaah yang hilang ke akomodasi masing-masing. Hal ini berlaku baik saat di Makkah, Madinah maupun tenda mereka di tempat-tempat suci.

The Tawafa Establishment untuk jamaah dari negara-negara Arab mengatakan telah menyebarkan 102 pemandu untuk menerima jamaah di Masjid al-Haram. Mereka telah mendirikan 139 kantor lapangan untuk melayani jamaah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement