Selasa 07 Aug 2018 06:35 WIB

Calhaj Nigeria Diminta Waspadai Penipu di Tanah Suci

Komisi Haji Nigeria meminta calhaj berhati-hati berurusan dengan orang tak dikenal.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Andi Nur Aminah
Calon jamaah haji Nigeria
Foto: premiumtimesng
Calon jamaah haji Nigeria

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) mengingatkan calon jamaah haji (calhaj) asal Nigeria mewaspadai orang tak dikenal selama berada di Tanah Suci. Sebab, NAHCON beranggapan banyak penipu yang menyasar calhaj selama berada di Tanah Suci.

Kepala Pendidikan Sipil NAHCON Umar Bala memperingatkan hal itu saat memberi arahan pada calhaj dari negara bagian Kwara, Kaduna, dan Kebbi di Madinah. “Anda dapat melihat beberapa orang asing di sekitar hotel berkeliling mencari-cari sesuatu. NAHCON tidak mengenali mereka, jadi jauhi,” kata dia dilansir di Premium Times Nigeria, Senin (6/8).

Bala meminta calhaj berhati-hati berurusan dengan orang tak dikenal. Apalagi, mereka yang mengaku menjadi operator penukaran uang. “Laporkan orang-orang tersebut kepada pemandu. Anda harus mendapatkan bantuan dari pejabat terkait menyoal transaksi uang dan lainnya,” ujar dia.

Dia mengatakan NAHCON, bekerja sama dengan agen-agen jamaah haji sejumlah negara bagian untuk mengamankan akomodasi dan makanan bagi para calhaj. Selain itu, mereka juga berwenang melarang calhaj berkomunikasi dengan orang tidak dikenal. Karena itu, Bala mendesak calhaj selalu bekerja sama dengan pejabat atau pengampu masing-masing untuk menghindari kendala tak berarti. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement