Selasa 07 Aug 2018 11:37 WIB

Jamaah Kembali Diimbau Hati-Hati Bawa Barang

sebuah koper jamaah Kloter 65 Embarkasi Jakarta-Bekasi terpaksa dibongkar.

Koper Jamaah Haji Indonesia
Foto: Republika/Fitryan Zamzami
Koper Jamaah Haji Indonesia

IHRAM.CO.ID, Oleh: Fitriyan Zamzami dari Jeddah

JEDDAH -- Hingga pekan-pekan terakhir gelombang kedatangan jamaah Indonesia ke Tanah Suci, sejumlah koper milik jamaah masih harus menjalani pembongkaran di Bandara King Abdulaziz, Jeddah. Jamaah kembali diimbau berhati-hati memilih barang yang dibawa ke Tanah Suci.

Pada Senin (6/8) malam, sebuah koper jamaah Kloter 65 Embarkasi Jakarta-Bekasi terpaksa dibongkar saat diperiksa di bea cukai. Pemiliknya juga sempat diamankan oleh pihak imigrasi Saudi. “Persoalannya jamaah membawa HT (handy talkie) dan dianggap menyembunyikan HT saat keluar dari pemindaian x-ray,” kata pelaksana Seksi Linjam Daker Bandara, Ubaidillah.

Akhirnya, sejumlah alat komunikasi itu ditahan pihak imigrasi. Dalam surat penyitaan, disebutkan bahwa jika hingga sepuluh hari mendatang tidak diproses, pihak bea cukai akan mengenakan denda bayaran penempatan di gudang per hari. Jika tetap tak diurus izinnya, barang-barang tersebut akan dilelang.

Penyitaan alat serupa sudah yang ketiga kalinya terjadi sepanjang gelombang kedatangan tahun ini. Penggunaan alat komunikasi tersebut memang harus melalui perizinan ketat di Saudi.

Tak hanya HT, akhir pekan lalu juga seorang jamaah dari Kloter 15 Embarkasi Batam juga dibongkar kopernya terkait barang yang ia bawa. Pihak Saudi saat itu mencurigai sebuah senter yang dibawa jamaah bersangkutan.

Setelah diperiksa, barang tersebut adalah senter kejut yang biasa digunakan petugas kepolisian melumpuhkan pelaku kejahatan. Alat itu akhirnya harus dirusak aktivasi fungsi kejut tersebut agar bisa kembali dibawa jamaah.

“Jadi memang harus diingatkan pada jamaah yang masih di Tanah Air agar berhati-hati soal barang bawaannya agar tak disita di Arab Saudi,” kata Kepala Daker Bandara PPIH Arab Saudi Arsyad Hidayat, Selasa (7/8).

Alat-alat elektronik yang dirasa perlu juga jangan dibawa secara bersamaan dalam satu koper. Misalnya earphone yang biasanya digunakan jamaah haji khusus mendengar arahan ketua kelompok, sebaiknya dibagikan per jamaah di Tanah Air. Tahun kemarin, ada alat-alat tersebut yang disita karena ditempatkan dalam satu koper.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement