Rabu 15 Aug 2018 08:44 WIB

Facebook-Arab News Siapkan Live Video 360 Derajat Haji

Warga dunia bisa mengikuti pelaksanaan haji melalui halaman Facebook resmi Arab News.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah haji menaiki atap mobil yang akan membawanya ke Muzdalifah usai berwukuf di Padang Arafah.
Foto: Mast Irham/EPA
Jamaah haji menaiki atap mobil yang akan membawanya ke Muzdalifah usai berwukuf di Padang Arafah.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi telah mendukung upaya antara Arab News dan Facebook untuk bekerja sama dalam meliput ibadah haji tahun ini. Kolaborasi ini akan menayangkan kegiatan haji hampir dua juta orang yang berkumpul di Makkah.

Surat kabar dan jaringan media sosial ini akan bekerja sama dalam transmisi siaran langsung menggunakan teknologi video 360 derajat. Teknologi tersebut akan memungkinkan jutaan orang di seluruh dunia mengikuti pelaksanaan haji melalui halaman Facebook resmi Arab News.

Menteri Haji dan Umrah, Muhammad Saleh Benten memberi penjelasan singkat tentang persiapan Arab News untuk meliput ibadah haji pada Selasa (14/8). Ia juga bertemu dengan anggota tim peliputan dan mendukung kolaborasi ini.

Benten mengatakan kementerian dengan senang hati mendukung kerja sama Arab News-Facebook karena memungkinkan berita tentang haji menjangkau khalayak yang lebih luas. Menurutnya, ini berita yang baik.

Orang-orang di seluruh dunia akan dapat melihat bagaimana pelaksanaan haji yang sedang berlangsung. Sekaligus melihat berbagai layanan yang diberikan oleh pemerintah Saudi di bawah kepemimpinan Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

"Dukungan kami terhadap kerja sama ini muncul dari keyakinan kami akan pentingnya memanfaatkan teknologi baru, ini memungkinkan kami untuk menunjukkan kepada dunia upaya yang diberkati dalam melayani jamaah," kata Benten.

Pemimpin Redaksi Arab News, Faisal J Abbas mengatakan, liputan akan fokus terutama pada aspek kemanusiaan haji. Juga memuat kisah-kisah menyentuh dari ratusan jamaah beragam kebangsaan yang datang dari seluruh dunia.

"Kerja sama kami dengan Facebook akan memastikan kami dapat menyiarkan kisah-kisah ini ke penonton yang sebelumnya tak terjangkau berkat teknologi baru," kata dia.

Kepala kemitraan media regional di Facebook, Fares Akkad mengatakan kolaborasi ini melanjutkan keberhasilan siaran langsung shalat Tarawih di halaman Facebook Berita Arab selama Ramadhan. Menurutnya, tayangan tersebut sangat populer.

"Haji adalah acara yang unik, dan kami sadar akan pentingnya bagi jutaan orang di seluruh dunia untuk melihatnya," kata dia.

Oleh karena itu, Facebook senang dengan kolaborasi ini. Menurutnya, upaya tersebut merupakan bagian dari komitmen mereka untuk komunikasi regional, khususnya di Arab Saudi.

Mulai hari ini, Arab News menerbitkan serangkaian laporan khusus dari Kerajaan Saudi dan di seluruh dunia tentang ritual haji. Arab News juga menawarkan liputan 24 jam melalui platform digital dan situs web yang berfokus pada Pakistan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement