Kamis 16 Aug 2018 10:36 WIB

Tak Ada Jamaah Sakit di Kloter Terakhir

Tim kesehatan akan bertolak ke Makkah.

Jamaah Indonesia kloter terakhir dari Embarkasi Jakarta-Bekasi tiba di Bandara King Abdulazoz, Jeddah, Kamis (16/8) dinihari waktu setempat. Kedatangan itu memungkasi tibanya jamaah Indonesia di Tanah Suci.
Foto: Republika/Fitriyan Zamzami
Jamaah Indonesia kloter terakhir dari Embarkasi Jakarta-Bekasi tiba di Bandara King Abdulazoz, Jeddah, Kamis (16/8) dinihari waktu setempat. Kedatangan itu memungkasi tibanya jamaah Indonesia di Tanah Suci.

IHRAM.CO.ID, Oleh: Fitriyan Zamzami dari Jeddah, Arab Saudi

JEDDAH -- Kloter terakhir jamaah haji Indonesia akhirnya tiba di Bandara King Abdulaziz, Jeddah, Kamis (16/8) dini hari. Tak ada jamaah yang harus dirawat sepanjang kedatangan rombongan terakhir tersebut.

Nggak ada yang harus dirujuk atau dilarikan ke runah sakit,” kata Kordinator Tim Mobile Kesehatan Daker Bandara Rachmawanti Agustina di Bandara Jeddah.

Ia menuturkan, hanya ada satu jamaah sempat mengalami demam sepanjang hari terakhir kedatangan dari Rabu (15/8) pagi hingga Kamis (16/8) dini hari. Jamaah tersebut diperiksa sebentar oleh tim kesehatan bandara dan akhirnya diperbolehkan berangkat bersama rombongannya ke Makkah.

Sejauh ini, menurut Rachmawanti, masih tiga jamaah yang tiba dengan kloter-kloter sebelumnya yang dirujuk ke RS King Abdullah di Jeddah. Dari jamaah-jamaah tersebut, satu dipastikan akan dibadal hajinya, dan dua masih menunggu perkembangan.

photo
Jamaah Indonesia kloter terakhir dari Embarkasi Jakarta-Bekasi tiba di Bandara King Abdulazoz, Jeddah, Kamis (16/8) dinihari waktu setempat. Kedatangan itu memungkasi tibanya jamaah Indonesia di Tanah Suci. Foto: Republika/Fitriyan Zamzami

“Begitu diperbolehkan keluar akan langsung kita jemput dari Makkah untuk nantinya ke Arafah,” kata Rachmawanti.

Sementara pasien yang harus dibadalkan, kata dia, berasal dari Embarkasi Solo dan mengidap penyakit paru-paru kronis dan masih harus terus menggunakan alat bantu pernapasan. Dengan pungkasnya kedatangan jamaah Indonesia, tim kesehatan di bandara akan langsung bertolak ke Makkah.

Mereka akan menyiapkan pendirian klinik kesehatan di Arafah guna mengantisipasi jamaah yang jatuh sakit pada puncak pelaksanaan ibadah haji nanti. Dua kloter yang tiba paling akhir tersebut adalah Kloter 95 dan Kloter 96 Embarkasi Jakarta-Bekasi. Sebanyak 408 jamaah dan petugas tiba dengan Kloter 95 Jakarta-Bekasi sementara sebanyak 349 datang dengan kloter 96.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement