Sabtu 25 Aug 2018 23:25 WIB

Bus Shalawat Kembali Beroperasi

Beberapa jamaah kerap lupa dengan angka jalur bus yang ditumpangi dari hotel.

Bus Shalawat
Foto: dok. Kemenag.go.id
Bus Shalawat

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Angkutan wira-wiri pengangkut haji (bus shalawat) area Mekkah kembali beroperasi mulai Sabtu (25/8) siang waktu setempat. "Bus Saptco dan Rawahel berangsur kembali ke terminal masing-masing," kata Kabid Transportasi PPIH Arab Saudi Subhan Chalid di Makkah, Sabtu (25/8).

Sebelumnya, dalam rentang 16-25 Agustus jamaah Indonesia tidak dapat menggunakan layanan bus shalawat karena pada periode tersebut semua angkutan dari Naqabah (organisasi angkutan darat Saudi) dipakai untuk mobilisasi jamaah rute Mekkah-Armuzna pulang pergi.

Selain itu, pada periode itu area Mekkah sangat padat lalu lintas transportasinya sehingga bus shalawat tidak memungkinkan beroperasi. Bus memiliki perawakan yang cenderung besar sehingga untuk menembus kemacetan di Mekkah di musim puncak haji tergolong kurang gesit.

Bagi jamaah yang beraktivitas di Tanah Suci di waktu-waktu tersebut menggunakan moda transportasi komersil seperti taksi, mobil sewaan atau dengan berjalan kaki.

Dia mengatakan terdapat 12 rute bus shalawat. Angkutan itu melintasi setiap pemondokan dengan berhenti di terminal dekat dengan Masjidil Haram seperti Bab Ali, Jiad dan Syib Amir. Angkutan bus juga membawa jamaah kembali dari Masjidil Haram ke depan hotel mereka masing-masing.

Beberapa jamaah kerap lupa dengan angka jalur bus yang ditumpangi dari hotel. Saat hendak pulang ke hotel mereka lupa dengan rute busnya. Maka dari itu, sebaiknya jamaah selalu mengingat rute busnya atau menyimpan kartu jalur bus yang telah diberi petugas kepada mereka.

Berikut ini 12 rute bus shawalat di kawasan Mekkah.

1. Rute 1 Aziziah Janubiah-Jamarat

2. Rute 2 Aziziah Syimaliah 1-Jamarat

3. Rute 3 Aziziah Syimaliah 2-Jamarat

4. Rute 4 Jamarat-Mahbas Jin-Bab Ali

5. Rute 5 Syisyah-Syib Amir

6. Rute 6 Syisyah Raudhah-Syib Amir

7. Rute 7 Syisyah 1-Syib Amir

8. Rute 8 Syisyah 2-Syib Amir

9. Rute 9 Raudhah-Syib Amir

10. Rute 10 Biban Jarwal-Syib Amir

11. Rute 11 Misfallah Nakkasah-Jiad

12. Rute 12 Rea Bakhsy-Jiad

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement