Selasa 28 Aug 2018 18:46 WIB

Jamaah Haji Malaysia Bersiap Pulang

Tabung Haji Malaysia akan memulangkan jamaah dalam 81 penerbangan.

Rep: Lida Puspaningtyas / Red: Andi Nur Aminah
Calon jamaah haji Malaysia
Foto: Malaysian Digest
Calon jamaah haji Malaysia

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Jamaah haji Malaysia akan mulai pulang ke tanah airnya pada Rabu (29/8) setelah pelaksanaan ibadah haji. Sejumlah negara juga telah memulai proses kepulangan jamaah, salah satunya Indonesia.

Tabung Haji Malaysia akan memulangkan jamaah dalam 81 penerbangan. Kepala Tahung Haji, Syed Saleh Syed Abdul Rahman mengatakan sebanyak 47 penerbangan akan berangkat dari Jeddah dan sisanya dari Madinah.

"Penerbangan pertama akan berangkat pada 29 Agustus dari Jeddah mulai pukul 3.05 pagi dan tiba di Kuala Lumpur pada hari yang sama pada pukul 4.45 sore waktu Malaysia," katanya dilansir di New Straits Times.

Sementara penerbangan jamaah terakhir akan berangkat pada 25 September dari Madinah dan tiba pada 26 September. Syed Saleh menyampaikan seluruh pelaksanaan ibadah haji telah usai pada Jumat lalu.

Seluruh petugas haji melaksanakan tugasnya dengan baik. Total jamaah yang melaksanakan haji tahun ini berjumlah 2,3 juta orang. Sebanyak 1,75 juta orang berasal dari luar Arab Saudi.

Sebanyak 287.300 personil keamanan dikerahkan selama puncak pelaksanaan lima hari. Syed Saleh menyampaikan aktivitas musim haji tahun ini berjalan dengan lancar dan sukses tanpa ada insiden, epidemik maupun kasus berarti.

Ia juga memuji jamaah Malaysia yang mematuhi segala peraturan otoritas. Menurutnya, pemerintah Saudi memberi apresiasi tinggi karena wilayah tenda jamaah Malaysia selalu dalam keadaan terbersih dibanding negara lain. "Kita tidak tahu bahwa kampanye kebersihan kita akan sangat sukses," katanya.

Setelah kepulangan jamaah, Tabung Haji akan kembali memulai persiapan pelaksanaan haji tahun depan. Syed Saleh mengatakan kesuksesan dan kelancaran haji harus mulai direncanakan sejak awal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement