Jumat 07 Sep 2018 05:21 WIB

Indonesia akan Dapat Tambahan Ambulans di Mina

Di jamarat tenaga jamaah haji terkuras.

Ambulans membawa jamaah haji korban insiden Mina.
Foto: Reuters
Ambulans membawa jamaah haji korban insiden Mina.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Indonesia akan mendapatkan tambahan akses ambulans ke terowongan Mina dan kawasan lempar jumrah tahun depan. Hal tersebut akan memudahkan evakuasi bagi jamaah haji Indonesia dari kawasan vital tersebut.

Dikutip Media Center Haji di Makkah, Kamis (6/9), Kepala Pelayanan Kesehatan Komite Haji Arab Saudi untuk Asia Tenggara Ehsan A Bouges mengatakan rencana penambahan itu akan diajukan lewat proposal kepada otoritas Arab Saudi. Dia berharap proposal itu dapat disetujui oleh otoritas terkait.

Menurut dia, penambahan itu akan diberikan karena Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia dan pelayanannya tergolong baik serta kooperatif dengan Saudi dalam melayani jamaah haji. Jamarat dan Mina merupakan titik krusial yang kerap memicu jamaah mengalami kendala kesehatan karena terkuras fisiknya, terutama bagi yang berusia lanjut.

Baca juga: Bagaimana Cara Saudi Kurangi Kematian Jamaah Haji?

Hampir sepanjang penyelenggaraan ibadah haji banyak jamaah yang bergelimpangan di kawasan Jamarat dan Mina karena kelelahan berjalan kaki berkilo-kilo meter di kawasan Mina dan Jamarat. Kawasan ini memerlukan ambulans untuk evakuasi cepat bagi jamaah.

Sementara itu, PPIH Indonesia mendapat pujian dari Komite Haji Arab Saudi karena mengelola jamaah di Tanah Suci dengan sistematis dan rapi. "Kalian punya sistem. Ini hal yang tak dipunyai pengelola haji negara lain," katanya.

Baca juga: Saudi Kagumi Pelayanan Haji Indonesia

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement