Jumat 07 Sep 2018 10:26 WIB

Lebih dari 1 Juta Jamaah Tinggalkan Saudi

Gelombang pertama kepulangan jamaah haji Indonesia hampir pungkas.

Rep: Umi Nur Fadhilah/Fitriyan Zamzami/ Red: Friska Yolanda
Jamaah Haji Indonesia Kloter 19 Debarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) berpelukan dengan keluarganya saat tiba di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (5/9).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Jamaah Haji Indonesia Kloter 19 Debarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) berpelukan dengan keluarganya saat tiba di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (5/9).

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Lebih dari satu juta jamaah telah meninggalkan Kerajaan Arab Saudi (KSA) setelah menyelesaikan ibadah haji. Mereka kembali ke negara masing-masing setelah melaksanakan rukun Islam kelima tersebut.

Dilansir Arab News pada Jumat (7/9), Direktorat Jenderal Paspor Saudi menjabarkan sebanyak 1.001.783 dari 1.758.722 jamaah asing telah meninggalkan Saudi. Mereka pulang ke Tanah Air pada 6 September pukul 16.00 waktu setempat.

Waktu tersebut adalah tepat 19 hari setelah puncak haji yang jatuh pada 19 Agustus lalu. Saat itu, lebih dari 2,3 juta jamaah dari seluruh dunia menghabiskan waktunya untuk beribadah Arafah.

Raja Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud memuji kinerja organisasi haji yang membuat jamaah bisa beribadah dengan mudah, aman, dan tenang. Raja Salman dan putra mahkota juga mengucapkan terima kasih atas kinerja Menteri Dalam Negeri Saudi, Pangeran Abdul Aziz bin Saud bin Naif selaku Ketua Komite Haji Tertinggi. Sebab, Pangeran Abdul Aziz telah berupaya memastikan keberhasilan pelaksanaan rencana untuk ibadah haji.

Raja Salman mengatakan ia selalu berdoa agar doa-doa yang dipanjatkan jamaah haji diterima Allah SWT. Dia juga mendoakan jamaah bisa kembali ke Tanah Air dengan selamat.

Sementara itu, gelombang pertama kepulangan jamaah haji Indonesia yang bertolak ke Tanah Air hampir pungkas. Lebih dari separuh jamaah gelombang pertama telah dipulangkan melalui Bandara King Abdulaziz, Jeddah, hingga Rabu (5/9) malam.

Menurut Kasi Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan Jamaah Daker Bandara, Muhammad Syarif, sepanjang Rabu (5/9) hingga malam hari, sebanyak 19 kloter diberangkatkan ke Tanah Air. “Jumlah yang berangkat sebanyak 7.898 penumpang terdiri dari jamaah haji sebanyak 7.803 orang dan petugas kloter 95 orang.

Sehari sebelumnya, dari Bandara berangkat sebanyak 17 kloter atau 17 penerbangan dengan jumlah sebanyak 6.915 orang terdiri dari jamaah haji sebanyak 6.830 orang dan petugas kloter 85 orang.

Adapun untuk secara keseluruhan yg telah diberangkatkan dari Bandara Jeddah sampai Rabu malam sejak awal pemulangan pada 27 Agustus lalu sebanyak 158 kloter dengan jumlah sebanyak 64.886 orang. Rinciannya, jamaah haji 64.096 orang dan petugas kloter 790 orang.

Total sebanyak 203.351 jamaah haji reguler tiba di Tanah Suci pada musim haji ini. Dari jumlah itu, sebanyak 87.863 orang tiba dalam gelombang pertama Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah. Jamaah gelombang pertama kedatangan itu pula yang akan berangkat pulang ke Tanah Air lebih dulu melalui Jeddah secara bertahap hingga 9 September nanti.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement