Sabtu 08 Dec 2018 05:07 WIB

Bandara Qunfadah Makkah Mulai Dibangun

Pembangunan Bandara qunfadah akan selesai selama 2 tahun.

Emir Makkah, Pangeran Khaled Al-Faisal,  meresmikan pembangunan Bandarea Qundfadah.Faisal
Foto: saudigazette
Emir Makkah, Pangeran Khaled Al-Faisal, meresmikan pembangunan Bandarea Qundfadah.Faisal

IHRAM.CO.ID, QUNFUDAH -- Emir Makkah, Pangeran Khaled Al-Faisal, pada hari Rabu lalu 5/12), meletakan batu pertama fondasi bangunan untuk bandara baru di Qunfudah. Dalam  kesempatan itu, Emir mengatakan bahwa bandara akan beroperasi dalam dua tahun. Ditargetkan sekiar setengah juta orang yang datang dari daerah pesisir Saudi Arabia akan mendapat manfaat dari keberadaan bandara ini.

Pangeran Khaled mengatakan lokasi untuk bandara itu sudah dikirim ke Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA) untuk meminta persetujuan serta telah pula mendapat izin untuk menyelesaikan studi yang berkaitan dengan pelaksanaan proyek.

“Ide bandara Qunfudah dimulai lebih dari 10 tahun yang lalu. Studi yang melibatkan 14 situs dilakukan hingga lokasi saat saat ini yang tersebar dalam area seluas 24 juta meter persegi. Dan wulayah di Qunfudah utara akhinya yang dipilih, ”katanya.

photo
Peta Qunfudah

Upacara peletakan batu pondasi juga dihadiri oleh Hisham Al-Falih, wakil menteri di Makkah emirat, Wali Kota Jeddah Saleh Al-Turki, Presiden GACA Abdul Hakeem Al-Tamimi, pejabat lain dan warga daerah setempat.

Al-Tamimi mengatakan bandara Qunfudah akan menjadi bandara keempat di wilayah Makkah dan bandara yang ke-28 di Kerajaan Saudi Arabia. Bandara ini dapat menampung setengah juta penumpang setiap tahun dan menangani lima penerbangan per jam.

Bandara Qunfudah dibangun di atas lahan seluas sekitar 24 juta meter persegi. Nantinya akan memiliki ruang tunggu penumpang dengan luas lebih dari 20.340 meter persegi.

sumber : saudigazette
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement