Senin 18 Mar 2019 14:41 WIB

Skema Pelunasan BPIH Sudah Disiapkan

Kemenag akan berkordinasi dengan kanwil terkait penulasan BPIH

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko
Gedung Kemenag
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Gedung Kemenag

IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Tahap pertama pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dimulai tanggal 19 Maret sampai 15 April. Calon jamaah haji (Calhaj) sudah bisa melakukan pelunasan kepada bank penerima setoran (BPS) besok.

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag) Mastuki memastikan, tidak ada persiapan khusus terkait dimulainya tahap pertama pelunasan, karena semua sistem sudah terkoordinasi dengan baik dengan semua pihak terkait.

Baca Juga

"Tidak ada persiapan khusus. Karena ini pekerjaan kita setiap tahun," kata Mastuki saat dihubungi Republika, Senin (18/3).

Mastuki mengatakan, secara prosedur persiapan yang dilakukan Kemenag sudah dilakukan sejak awal BPIH itu diundangkan melalui Keputusan Presiden tentang Pelunasan BPIH tahun 2019. Persiapan yang dilakukan Kemenag adalah merilis nomor porsi yang memenuhi syarat pelunas kepada setiap kantor wilayah (Kanwil).

"Dan itu langsung melalu kepala bidang haji di seluruh kantor kemenag maupun kantor kanwil," ujarnya.

Karena semua sudah tersistem dan terkoordinasi dengan baik, maka, kata Mastuki, Kemenag tidak melakukan sosialisasi tentang bagaimana calhaj melakukan pelunasan BPIH kepada BPS.

"Kalau sosialisasi semacam kumpul-kumpul gitu tidak. Karena mereka sudah punya perkumpulan tinggal ditelponin oleh petugas kita," katanya.

Mastuki memastikan, Kemenag telah berkoordinasi dengan setiap kanwil di setiap provinsi di Indonesia tentang berapa biaya dan siapa yang akan diberangkatkan haji tahun 2019 ini. Koordinasi penting dilakukan, karenan setiap kanwil biaya dan jumlah kuotanya berbeda.

"Karena setiap daerah kuotanya berbeda-beda jumlah dan seterusnya dan itu langsung ditindak lanjuti melalui kepala-kepala bidang haji provinsi maupun di Kabupaten Kota," katanya.

Seluruh jamaah haji reguler yang akan diberangkat tahun ini menjadi Tanggung Jawab Kemenag. Calhaj yang akan diberangkatkan tahun ini nama dan nomor porsinya telah diinformasikan untuk menjadi perhatian segera mulai melakukan pelunasan.

"Jadi ini baru besok Selasa (19/3) kita mulai tanggal 19 untuk tahap pertama pelunasan itu bagi seluruh nama-nama yang dirilis sesuai dengan porsinya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement