Ahad 28 Apr 2019 20:58 WIB

Menpan RB Harapkan Pelaksanaan Ibadah Haji Tahun Ini Sukses

Kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji salah satunya adalah faktor dari petugas haji.

Rep: Syahruddin El-Fikri/ Red: Maman Sudiaman
Menpan-RB Syafruddin saat mengunjungi Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, di sela-sela Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi 1440/2019, Ahad (28/4).
Foto: dok. MCH
Menpan-RB Syafruddin saat mengunjungi Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, di sela-sela Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi 1440/2019, Ahad (28/4).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Menteri Pemberdayaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin berharap penyelenggaraan ibadah haji 1440/2019 berjalan lancar dan sukses. Hal itu disampaikannya saat mengunjungi Asrama Haji Pondok Gede ketika pelaksanaan Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi, Ahad (28/4).

Syafruddin mengatakan, kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji salah satunya adalah faktor dari petugas haji. "Karena itu, saya mengharapkan dan mengimbau para petugas haji bisa membantu melayani dan membina serta melindungi jamaah haji," ujarnya.

sebab lanjutnya tanpa bantuan dan layanan yang baik dari petugas Haji maka dikhawatirkan akan mengurangi kenyamanan jamaah dalam melaksanakan ibadah haji. "Tolong bantu dan layani jamaah dengan sebaik-baiknya," kata dia.

Semoga, harap Syafruddin, dengan bantuan dan layanan dari petugas haji, maka jamaah bisa melaksanakan ibadah dengan baik dan mendapatkan predikat haji mabrur. "Demikian juga dengan petugas haji, semoga mendapatkan haji mabrur," harapnya.

Pada pelaksanaan ibadah haji tahun 1440/2019, jumlah jamaah haji Indonesia sebanyak 231 ribu orang, yang terdiri atas 214 ribu jamaah haji reguler dan 17 ribu jamaah haji khusus.

Sedangkan petugas haji secara keseluruhan berjumlah 4.100 orang yang terdiri atas petugas kesehatan, akomodasi, transportasi, konsumsi, katering, perlindungan jamaah (Linjam) dari TNI/Polri, pembimbing ibadah, Media center Haji atau MCH dan petugas dari Kementerian Agama.

Pada tahun 2019/440 ini, Republika yang juga mengirimkan dua wartawannya untuk meliput pelaksanaan ibadah haji di tanah suci yakni Muhammad Hafil yang bertugas di daerah kerja (Daker) Makkah dan Syahrudin El Fikri yang akan bertugas di daker Madinah. Keduanya tergabung dalam MCH 2019 Kementerian Agama bersama 33 anggota lainnya, baik media cetak, online, radio, fotografer, dan lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement