Selasa 28 May 2019 20:34 WIB

BRI Syariah Layani Pelunasan BPIH Tahap Tiga

Untuk pertama kalinya, pelunasan BPIH bisa dilakukan melalui mobile banking

Red: EH Ismail
Antrean nasabah yang akan melakukan pelunasan BPIH di BRI Syariah KC Cilegon
Foto: bri syariah
Antrean nasabah yang akan melakukan pelunasan BPIH di BRI Syariah KC Cilegon

IHRAM.CO.ID, JAKARTA — BRIsyariah menerima pelunasan mulai tanggal 22-29 Mei 2019. Pelunasan bisa dilakukan di Kantor Cabang (KC), Kantor Cabang Pembantu (KCP), maupun Kantor Layanan Syariah (KLS) BRIsyariah di seluruh Indonesia. 

Sistem pembayaran BPIH tahap tiga juga masih mengacu pada pelunasan tahap pertama dan kedua. Jamaah dapat melunasi melalui teller dan non teller serta mobile banking BRIS Online.

Sesuai informasi dari Kemenag pelunasan bisa dilakukan mulai pukul 08.00 s.d 15.00 WIB. Sedangkan Indonesia bagian tengah pukul 09.00 s.d 16.00 WITA, dan Indonesia bagian timur pukul 10.00 s.d 17.00 WIT. “Jamaah haji tetap harus melakukan pemeriksaan kesehatan. Namun pelaksanaannya tidak menjadi syarat pelunasan,” kata Sekretaris Perusahaan BRI Syariah Indriati Tri Handayani dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (28/5).

Pada pekan pertama pelunasan BPIH tahap 3, hampir separuh dari calon jamaah haji yang berhak berangkat, melakukan pelunasan. Pada tahap 1, sebanyak 46.591 atau hampir 93 persen calon jamaah melunasi BPIH melalui BRI Syariah. 

Kemudian pada tahap 2 sebanyak 5.645 atau lebih dari 78 persen yang melunasi. Pada pekan pertama tahap 3, 1.689 atau hampir 50 persen dari mereka sudah melunasi melalui BRI Syariah,” urai Indri.

Pada tahun 2019 ini untuk pertama kalinya, pelunasan BPIH bisa dilakukan melalui mobile banking. Alhamdulillah sejauh ini pelunasan BPIH melalui mobile banking lancar.

Pelunasan BPIH tahap 3 masih akan berlangsung hingga tanggal 29 Mei 2019. Calon jamaah haji yang akan melunasi BPIH harus mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan. Mereka harus melengkapi persyaratan yaitu bukti asli setoran awal BPIH, buku Tabungan Faedah Haji BRI Syariah iB, salinan KTP, Materai Rp6.000 1 lembar, pas photo 3x4 (standard Kemenag) sebanyak 6 lembar. 

Salah satu yang terpenting, mereka harus melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu di rumah sakit atau fasilitas kesehatan kelas 1 di wilayah masing-masing. Setelah itu, rumah sakit atau puskesmas akan menginput data pada Siskohat yang tersedia di sana, maka nama yang bersangkutan tertulis "sudah memenuhi" di Siskohat pada bank BRI Syariah, kemudian setelahnya calon jamaah bisa datang ke BRI Syariah untuk melakukan pelunasan BPIH.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement