Rabu 26 Jun 2019 16:06 WIB

Pemberangkatan Jamaah Haji Cimahi 15 Juli Mendatang

Jumlah jamaah haji Cimahi menurun dibandingkan tahun lalu.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan / Red: Nashih Nashrullah
Petugas memeriksa riwayat kesehatan calon jamaah haji melalui kartu kesehatan di Asrama Haji Bekasi, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (25/7).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas memeriksa riwayat kesehatan calon jamaah haji melalui kartu kesehatan di Asrama Haji Bekasi, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (25/7).

IHRAM.CO.ID, CIMAHI— Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cimahi mengungkapkan jumlah jamaah haji yang berangkat ke Makkah pada 2019 menurun dibandingkan 2018 kemarin. Pada 2018, sebanyak 580 orang berangkat sedangkan tahun ini hanya 561 orang.  

Kepala Kemenag Kota Cimahi, Munawir Sulaeman, mengungkapkan ratusan calon jamaa haji akan diberangkatkan dalam dua gelombang yaitu 15 Juli sebanyak 410 orang di kloter 32 dan dan 2 Agustus mendatang pada kloter 90 sebanyak 151 orang.

Baca Juga

"Mereka akan menuju ke asrama haji terlebih dahulu di Bekasi, Jawa Barat sebelum ke Makkah. Untuk transportasi menuju kesana akan dibantu Pemkot Cimahi," ujarnya, Rabu (26/6).   

Dirinya menambahkan, jamaah haji gelombang kedua akan berangkat bersama calon haji dari Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Dia memastikan jika seluruh jamaah haji siap berangkat menuju Makkah untuk menunaikan ibadah haji.

Menurutnya, persiapan penting yang dilakukan adalah manasik haji. Kemudian  pemeriksaan kesehatan bekerjasama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi. “Mereka (calon jemaah haji) sudah melalui tes kesehatan baik vaksin dan lainnya," katanya.  

Dirinya menambahkan, persiapan lainnya seperti administrasi pasport dan visa sudah disiapkan sejak awal. Pihaknya berharap agar pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan dengan lancar dan baik. "Persiapan administrasi keberangkatan seperti pasport dan visa para calon jemaah haji sudah siap," ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement