Ahad 07 Jul 2019 12:04 WIB

Kloter Pertama Embarkasi Padang Bertolak ke Madinah

Kloter pertama calon jamaah haji ini seluruhnya dari Kota Padang

Rep: Febrian Fachri/ Red: Hasanul Rizqa
Jamaah haji (Ilustrasi).
Foto: Dok Republika.co.id
Jamaah haji (Ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, PADANG -- Embarkasi Padang, Sumatra Barat, mulai memberangkatkan sebanyak 393 orang calon jamaah haji dalam kelompok terbang (kloter) pertama, Ahad (7/7). Pemberangkatan dilakukan melalui Bandar Udara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang Pariaman pukul 7.20 WIB hari ini. Mereka diterbangkan dengan pesawat maskapai Garuda menuju Bandar Udara Interasional King Abdul Aziz Madinah, Arab Saudi.

"Kloter pertama dari embarkasi Padang sudah berangkat tadi pagi. Semua jamaah dalam keadaan sehat dan antusias melaksanakan rukun Islam ke lima," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Barat Hendri kepada Ihram.co.id, Ahad (7/7).

Baca Juga

Hendri menyebut kloter pertama ini semuanya yang berasal dari Kota Padang. Besok kata Hendri pihaknya akan memberangkatkan jamaah dalam kloter kedua dari Pasaman Barat.

Untuk kloter kedua ini kata Hendri sudah masuk ke asrama haji Padang. Nanti malam akan dilepas secara resmi oleh Kemenag dan besok diterbangkan ke Madinah dari BIM.

Hendri yang hadir melepas jamaah dari BIM pagi ini bersama Komisi VIII DPR RI, Asli Chaidir melihat jamaah sudah mantap berangkat ke tanah suci. Sebelumnya para calon jamaah haji, kata Hendri, sudah dibekali dengan manasik oleh Kemenag sejak dari tingkat kecamatan sampai tingkat kabupaten. Para jamaah tambah Hendri juga sudah melewati pemeriksaan kesehatan.

Saat pemberangkatan haji ini kata Hendri ada jamaah yang harus digendong oleh patugas karena tidak sanggup naik tangga ke atas pesawat. Hendri menyebut para petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Padang akan selalu membantu jamaah supaya lancar melaksanakan ibadah sampai kembali lagi ke tanah air.

"Petugas siap, sigap, semuanya luar biasa, telaten menangani jamaah haji," ujar Hendri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement