KJRI Jeddah: Fast Track Sangat Bermanfaat Bagi Jamaah

Ahad , 07 Jul 2019, 21:01 WIB Redaktur : Indira Rezkisari
Sejumlah calon jamaah haji membawa koper usai mencoba fasilitas fast track pada acara pelepasan jamaah haji Indonesia asal DKI Jakarta di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Ahad (7/7).
Sejumlah calon jamaah haji membawa koper usai mencoba fasilitas fast track pada acara pelepasan jamaah haji Indonesia asal DKI Jakarta di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Ahad (7/7).

IHRAM.CO.ID, Oleh Syahruddin El-Fikri dari Madinah, Arab Saudi

 

Terkait

 MADINAH — Pelayanan cepat untuk bagasi jamaah haji fast track dinilai sangat positif. Sebab, barang bawaan jamaah haji, khususnya koper, akan mampu ditangani dengan cepat tanpa harus menunggu lama.

Baca Juga

Konsulat Jenderal (Konjen) RI Jeddah, Muhammad Hery Saripudin menambahkan, tahun ini diberlakukan jalur cepat (fast track) untuk penanganan koper jamaah haji. “Belum semua embarkasi diberlakukan, tapi ada beberapa yang akan diterapkan,” kata dia, di Madinah.

Pelayanan fast track ini diberlakukan Pemerintah Arab Saudi untuk memangkas proses penanganan barang bawaan jamaah haji, khususnya koper bagasi. “Dengan fast track ini maka pelayanan soal bagasi akan semakin cepat,” kata dia.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Tahun 2019 Endang Jumali, pemberlakukan fast track sangat membantu jamaah haji Indonesia. “Semuanya menjadi lebih cepat,” kata dia, Ahad (7/7).

Di dalam negeri, wakil presiden Jusuf Kalla mengatakan, diberlakukannya layanan fast track untuk jamaah haji ini akan dapat memangkas waktu proses keberangkatan bagi jamaah haji Indonesia. Sebab, JK menilai selama ini jamaah haji asal Indonesia harus terlebih dahulu menunggu saat tiba di Bandara di Arab Saudi.

"(Sekarang) tidak perlu lagi menunggu lama di bandara di Saudi dan juga bandara di Jakarta ini semuanya lancar dan itu menghemat waktu dan tenaga dari pada jamaah untuk beribadah," kata JK.

Karenanya, pada kesempatan itu JK pun menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Arab Saudi atas pelayanan fast track. Ia berharap ke depan, pelayanan fast track dapat ditambah untuk embarkasi lain selain Jakarta.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini