Jamaah Maksimalkan Shalat Arbain

Selasa , 09 Jul 2019, 00:55 WIB Redaktur : Dwi Murdaningsih
Pengunjung berjalan dengan latar kubah hijau yang menjadi lokasi makam Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar as Siddiq, dan Umar bin Kattab di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Senin (6/5/2019).
Pengunjung berjalan dengan latar kubah hijau yang menjadi lokasi makam Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar as Siddiq, dan Umar bin Kattab di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Senin (6/5/2019).

IHRAM.CO.ID, Laporan Syahruddin El-Fikri dari Madinah, Arab Saudi

 

Terkait

MADINAH -- Hari ini, Senin (8/7) adalah hari ketiga jamaah haji tiba di Madinah Al-Munawwarah sejak keberangkatan pada Sabtu (5/7) lalu. Mereka manfaatkan waktu yang ada untuk memperbanyak ibadah di Masjid Nabawi.

Baca Juga

"Alhamdulillah, kami dari kloter 1 Embarkasi Surabaya yang berangkat pertama kali dari Tanah Air, sekarang bisa melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi," kata Ketua Rombongan 5 Jamaah asal Magetan, Muklis, di Madinah, Senin (8/7).

Muklis menambahkan, anggota rombongan jamaah asal Magetan, bisa melaksanakan ibadah dengan nyaman. "Senang sekali, akhirnya bisa melaksanakan shalat arbain di Nabawi," ucap dia.

Hal senada juga disampaikan Ketua Rombongan X jamaah asal Madiun, Sutanto. Menurutnya, ia dan rombongan sangat bersyukur karena bisa melaksanakan shalat arbain lebih awal.

"Dengan jamaah yang belum terlalu banyak memungkinkan kami dan rombongan dapat melaksanakan shalat fardhu lima waktu di Masjid Nabawi dengan tenang," ujarnya.

Salah seorang jamaah asal Solo, Heri Santosa, yang ditemui seusai melaksanakan shalat zhuhur di pelataran Masjid Nabawi mengatakan sangat berbahagia.

"Saya dan istri bisa mengunjungi dan shalat di raudhah," ujarnya yang didampingi istrinya, seorang guru di Solo.

Hari dan istrinya, memanfaatkan waktu luang untuk melihat-lihat dan berjalan-jalan di sekitar Masjid Nabawi. Istrinya, Eva, mengatakan, dirinya baru pertama kali melaksanakan ibadah haji. "Sebelumnya sudah pernah ke sini (Madinah, red)  waktu umrah dulu," ujarnya.

Terpisah, Agus Joko Pitoyo, jamaah asal Caruban, Madiun, mengatakan, sangat senang akhirnya bisa datang ke Tanah Suci. "Kami menanti hingga delapan tahun sebelum akhirnya bisa tahun ini melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci," kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini