Ahad 14 Jul 2019 13:30 WIB

Ini Persiapan Penyambutan Jamaah di Makkah

PPIH sudah melakukan koordinasi dengan panitia haji Arab Saudi untuk layanan jamaah.

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Ratna Puspita
Kepala PPIH Daker Makkah, Subhan Cholid.
Foto: Republika/Muhammad Hafil
Kepala PPIH Daker Makkah, Subhan Cholid.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- PPIH Arab Saudi  Daerah Kerja (Makkah) siap menyambut kedatangan jamaah calon haji dari Kota Madinah pada Sabtu (14/7) malam. Pihak PPIH sudah melakukan koordinasi dengan maktab dan muasassah (panitia haji Arab Saudi) untuk pelayanan jamaah ini.

Menurut Kepala PPIH Arab Saudi Daker Makkah, Subhan Cholid, jamaah calon haji pertama yang tiba di Makkah adalah kloter pertama asal Surabaya. Mereka akan tiba di Makkah pada pukul 20.00 WAS setelah diberangkatkan dari Madinah pada hari yang sama.

Baca Juga

"Sampai di Makkah, mereka akan ditempatkan di Hotel 608 di Sektor 6 Mahbas Jin," kata Subhan di Kantor Urusan Haji Indonesia di Makkah, Sabtu (14/7) pagi.

Selain Kloter 1 Surabaya, ada dua kloter lagi yang diberangkatkan ke Makkah pada hari ini dari Madinah. Yaitu, Kloter 1 Batam dengan jumlah jamaah 448 dan yang diberangkatkan 442 orang kemudian Kloter 2 Batam sebanyak 448 jamaah namun yang diberangkatkan 441.

 

Kloter 1 Surabaya sendiri berjumlah 449 dan yang diberangkarkan 442 orang. Seluruhnya akan diberangkatkan dengan 30 armada bus. Di mana, setiap rombongan diberangkatkan dengan 10 bus.

Menurut Subhan, saat ini PPIH Makkah sudah melakukan koordinasi dengan pihak muassassah dan maktab. Selain itu, pengecekan hotel untuk melayani pemondokan jamaah juga sudah dinyatakan siap.

Selain itu, pihak katering untuk melayani konsumsi jamaah sudah siap memberikan pelayanan. "Bahan baku masakannya sudah dicek dan tenaga pemasaknya juga siap," kata Subhan.

Selain itu, jamaah yang baru tiba juga sudah bisa menggunakan bus shalawat yang mengantarkan mereka ke Masjid Al Haram. Selanjutnya, jamaah bisa terus menggunakan bus shalawat untuk pergi ke Masjid Al Haram dari hotel dan sebaliknya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement