Senin 15 Jul 2019 15:11 WIB

Menteri Agama Pimpin Delegasi Amirul Hajj 2019

Menteri Agama telah ditetapkan sebagai amirul hajj tahun ini

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Hasanul Rizqa
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan sambutan pada acara Pembukaan Ijtimak Ulama Al-Quran Tingkat Nasional di Hotel El Royale, Kota Bandung, Senin (8/7) malam.
Foto: Abdan Syakura
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan sambutan pada acara Pembukaan Ijtimak Ulama Al-Quran Tingkat Nasional di Hotel El Royale, Kota Bandung, Senin (8/7) malam.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin akan memimpin delegasi amirul hajj dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Sejak beberapa tahun terakhir, Presiden menetapkan Menag sebagai amirul hajj.

"Selaku Menteri Agama, Bapak Presiden menetapkan saya sebagai Amirul Hajj untuk tahun ini," kata Menag Lukman saat memimpin rapat delegasi amirul hajj dalam penyelenggaraan ibadah haji 2019, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Senin (15/7).

Baca Juga

Penunjukan amirul hajj sesuai dengan taklimatul hajj yang dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Setiap negara harus menetapkan ketua misi haji yang bertanggung jawab pada setiap negara. Ketua demikian dikenal dengan sebutan amirul hajj.

Sebagai amirul hajj, Menag didampingi anggota delegasi yang berjumlah 13 orang. Terdiri dari dua orang naib (wakil), satu sekretaris, delapan anggota, dan dua tim sekretariat. Mereka terdiri dari perwakilan ormas-ormas Islam.

"Saya menyampaikan terima kasih yang tiada terhingga, apresiasi saya yang setinggi-tingginya kepada bapak-bapak sekalian, yang telah sudi memenuhi harapan kami untuk bergabung dalam delegasi amirul hajj tahun ini," ujar Menag.

Rombongan delegasi rencananya akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 30 Juli 2019 dan akan kembali ke Tanah Air pada 18 Agustus 2019.

Berikut susunan delegasi Amirul Hajj penyelenggaraan ibadah haji tahun 2019.

  1. Amirul Hajj : Lukman Hakim Saifuddin
  2. Naib Amirul Hajj : A. Bunyamin Ruhiyat (PBNU) dan M Busyro Muqaddas (Muhammadiyah)
  3. Sekretaris : Muchlis M Hanafi (Kementerian Agama)
  4. Anggota : Hamid Balfas (Al Irsyad Al Islamiyah), Yusnar Yusuf Rangkuti (Al Washliyah), Imam Addaruqutni (DMI), Hamzah Harun Al Rasyid (UIN Alauddin Makassar), Rofiqul Umam Noeril Huda (MUI), Umar Al Haddad (Rabithah al Alawiyah), Ali Machfudon Abdillah (Jatman), dan Pattiselano Roberth Johan (Kemenkes)
  5. Staf Sekretariat : Ahmad Zayadi (Kementerian Agama) dan Khoirul Huda Basyir (Kementerian Agama).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement