Jamaah Haji Canggung Saat Menyeberang Jalan Raya

Rabu , 24 Jul 2019, 15:00 WIB Redaktur : Agung Sasongko
 Suasana kota Makkah yang dikepung kemacetan lalu lintas(ilustrasi)
Suasana kota Makkah yang dikepung kemacetan lalu lintas(ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, Oleh: Muhammad Hafil, dari Makkah, Arab Saudi

 

MAKKAH -- Sejumlah jamaah haji Indonesia yang sudah tiba di Makkah mengaku canggung saat ingin menyebrang jalan raya. Diperlukan kewaspadaan agar saat menyeberang tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Terkait

Salijo, jamaah haji asal Kloter 33 JKG mengatakan, sistem lalu lintas di Arab Saudi berbeda dengan di Tanah Air. Di mana, jalur kendaraan ada di sebelah kiri untuk di tanah air. Sementara, di Arab Saudi jalur kendaraan ada di sebelah kanan.

Baca Juga

"Iya, was-was juga kita kalau ingin menyeberang jalan," kata Salijo, Rabu (24/7).

Menurut Salijo, apalagi di Makkah ini kendaraan melaju sangat kencang. Dia menduga karena di sini tidak ada motor di jalan raya sehingga mobil bisa melaju kencang.

Sementara, Hafizah, jamaah haji asal kloter 1 Batam mengatakan, untuk menyebrang memang harus hati-hati di sini. Namun, dia mengatakan kalau rutenya di Makkah hanya hotel ke Masjid Al Haram dan sebaliknya, tidak begitu bermasalah.

"Karena kita kan hanya naik bus shalawat dari halte di pemondokan langsung diantar ke terminal dan langsung ke Masjid Al Haram," kata Hafizah.

Menurutnya, berbeda jika jamaah ingin jalan-jalan ke pusat perbelanjaan di sekitar hotel yang harus menyebrang jalan. "Ini yang harus hati-hati," kata Hafizah.

Sebelumnya, Kepala PPIH Daker Makkah, Subhan Chalid, Selasa (23/7), mendapatkan laporan adanya seorang jamaah dari embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG). Jamaah tersebut tertabrak mobil saat hendak menyebrang jalan. Ada kemungkinan, yang bersangkutan lupa atau belum memahami budaya yang berbeda antara di Tanah Air dan Arab Saudi.

"Di Tanah Air, biasa di jalur kiri, tapi di Arab Saudi di jalur kanan. Lalu dia menoleh kebalikannya," tutur Subhan.

Untuk diketahui, Arab Saudi menggunakan sistem jalan yang melaju pada arah kanan. Sebaliknya, kendaraan di Indonesia menggunakan jalur kiri karena posisi kemudi berada di kanan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini