Jumat 26 Jul 2019 09:12 WIB

Jamaah Haji Diimbau Giat Mengonsumsi Buah

Dengan giat mengonsumsi buah dan sayur, kebutuhan nutrisi jamaah haji kian terpenuhi

Rep: Ali Yusuf/ Red: Hasanul Rizqa
Makanan untuk jamaah haji indonesia (Ilustrasi).
Foto: Dok Republika.co.id
Makanan untuk jamaah haji indonesia (Ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Eka Jusup Singka meminta jamaah haji untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Salah satu caranya dengan banyak mengonsumsi buah-buahan.

"Betapa pentingnya makan buah-buahan bagi jamaah haji," kata Eka melalui pesan singkatnya kepada Ihram.co.id, Jumat (26/7).

Baca Juga

Eka mengatakan, banyak makan buah dan sayur merupakan bagian dari pengendalian risiko. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi bagi tiap jamaah akan terpenuhi dengan baik. "Mohon perilaku hidup sehat diperhatikan," ujar dia.

Imbauan ini, lanjut Eka, sudah diteruskan kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bidang kesehatan dan Kepala Sektor 7 Makkah Amar Manaf. "Saya juga sudah sampaikan (kepada Kasektor), jamaah harus banyak makan buah-buahan," katanya.

 

Sebelumnya, Eka mengapresiasi pihak Kementerian Agama (Kemenag) yang telah melaksanakan kegiatan pembinaan kesehatan haji oleh TKHI pada kloter JKS 46 dan 49  yang bersamaan pada acara Majelis Manasik Haji sektor 7.

Pembinaan kesehatan haji sangat bermanfaat bagi jamaah. Selain itu, kegiatan tersebut dinilai dapat membangun hubungan yang kian harmonis antara jamaah dan petugas.

"Karena tidak hanya aspek kesehatan jamah haji tapi sekaligus membangun keakraban, kekompakan dan kebersamaan karena dihadiri oleh jamah haji dari berbagai kloter," kata Amar Manaf saat menyampaikan laporannya kepada Kepala Pusat Haji Eka Jusup Singka, Kamis (25/7).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement