Jamaah Haji Butuh Bantuan? Coba Layanan Multibahasa 911

Senin , 29 Jul 2019, 17:04 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Jamaah haji dari berbagai negara, bersama-sama bersiap menunaikan ibadah shalat Jumat,  di Masjid Nabawi, Madinah, Jumat (26/7). Sambil menunggu waktu shalat jumat dimulai, jamaah memperbanyak ibadah sunah seperti zikir, baca Alquran, dan lainnya.
Jamaah haji dari berbagai negara, bersama-sama bersiap menunaikan ibadah shalat Jumat, di Masjid Nabawi, Madinah, Jumat (26/7). Sambil menunggu waktu shalat jumat dimulai, jamaah memperbanyak ibadah sunah seperti zikir, baca Alquran, dan lainnya.

IHRAM.CO.ID, RIYADH – Selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci, jamaah kerap mengalami kebingungan atau pun berada dalam kondisi darurat. 

 

Dalam keadaan demikian dan tidak tahu siapa yang harus dihubungi, jamaah sebaiknya menghubungi nomor layanan bantuan multibahasa 911. 

Terkait

Dengan menghubungi nomor tersebut, tim pemuda Saudi yang kompeten siap untuk membantu jamaah, baik itu yang tersesat, membutuhkan arahan, memerlukan bantuan di jalan, saat dalam keadaan darurat medis, atau pun jika jamaah kehilangan barang.

Baca Juga

Tim bantuan tersebut siap untuk memfasilitasi kebutuhan jamaah selama berada di Kerajaan Saudi. Dilansir di Arab News, Ahad (28/7), mereka bisa berbicara dalam berbagai bahasa, termasuk Inggris, Prancis, Jerman, Indonesia, dan Urdu. 

Layanan ini tersedia selama 24 jam sehari dalam sepekan. Jamaah yang menghubungi nomor itu akan menerima pesan teks dengan kata-kata "Jamaah yang terhormat, layanan anda adalah suatu kehormatan dan keamanan anda adalah tugas kami. Polisi siap untuk memenuhi kebutuhan mendesak anda pada 911."

Pusat Nasional untuk Operasi Keamanan di Kementerian Dalam Negeri Saudi meluncurkan call center 911 lima tahun yang lalu di Makkah. Kini, ada tiga pusat lainnya yang sama yang ada di Riyadh, Sharqiyah, dan Madinah. 

Pusat layanan darurat ini juga aktif di jejaring sosial Twitter. Melalui media sosial tersebut, mereka kerap memperbarui informasi tentang badai debu terkini, penutupan jalan raya karena kecelakaan mobil dan penampakan hewan di jalan raya. 

Layanan bantuan ini merespons dengan cepat, efisien, dan sangat bermanfaat bagi siapa pun yang berada dalam keadaan darurat pada waktu yang begitu sibuk seperti musim haji ini.  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini