Sabtu 10 Aug 2019 11:00 WIB

Imam Daruquthni: Perbanyak Zikir Saat Wukuf

Jamaah haju diserukan untuk memperbanyak zikir selama di Arafah.

Jamaah haji saat wukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi (ilustrasi).
Foto: Antara
Jamaah haji saat wukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, Oleh Syahruddin El-Fikri, wartawan Republika

Dari Arafah, Arab Saudi

Baca Juga

ARAFAH -- Anggota amirul hajj 2019, Imam Daruquthni mengajak seluruh jamaah haji untuk memperbanyak zikir kepada Allah SWT saat wukuf di Arafah, khususnya. Hal itu ia sampaikan saat memberikan tausiyah seusai shalat Shubuh, di mushala di Arafah, Sabtu (10/8). 

Ia mengutip ayat Alquran surah al-Baqarah 198 dan 200 yang memerintah untuk memperbanyak zikir serta istighfar. 

"Tidak ada dosa bagimu untuk mencari karunia (rezeki hasil perniagaan) dari Tuhanmu. Maka apabila kamu telah bertolak dari 'Arafat, berzikirlah kepada Allah di Masy'aril Haram. Dan berzikirlah (dengan menyebut) Allah sebagaimana yang ditunjukkan-Nya kepadamu; dan sesungguhnya kamu sebelum itu benar-benar termasuk orang-orang yang sesat."

Ayat tersebut, menurut Imam, mengajarkan kepada setiap jamaah haji untuk memperbanyak zikir kepada Allah saat berada di Arafah.

"Ayat tersebut sangat tegas menyebutkan perintah untuk berzikir ketika di Arafah," ujar Imam yang juga sekretaris Dewan Masjid Indonesia (DMI). 

Selain itu, menurut ia, dalam ayat 199 surah al-Baqarah juga sama perintah untuk senantiasa berzikir dan memperbanyak istighfar. 

"Kemudian bertolaklah kamu dari tempat bertolaknya orang-orang banyak ('Arafah) dan mohonlah ampun kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Karena itu, mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini mengajak seluruh jamaah untuk senantiasa berzikir dan memohon istighfar saat wukuf, khususnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement