Ahad 11 Aug 2019 02:50 WIB

1072 Petugas Haji Diberangkatkan Menuju Muzdalifah dan Mina

Sebanyak 1.072 petugas Haji diberangkatkan menuju Muzdalifah dan Mina, Sabtu (10/8).

Rep: Syahruddin El-Fikri/ Red: Bayu Hermawan
Ribuan jamaah haji saat wukuf di Arafah, Sabtu (10/8).
Foto: AP/Amr Nabil
Ribuan jamaah haji saat wukuf di Arafah, Sabtu (10/8).

IHRAM.CO.ID, ARAFAH -- Sebanyak 1.072 petugas Haji diberangkatkan menuju Muzdalifah dan Mina, Sabtu (10/8). Mereka berangkat pada pukul 16.00 waktu Arab Saudi.

"Sudah menjadi tugas kita untuk mengirimkan para petugas haji lebih awal dibanding jamaah haji. Tujuannya untuk mempersiapkan berbagai keperluan selama di Muzdalifah dan Mina," kata Kepala Satuan Operasional (Kasatops)  PPIH Arab Saudi, Jaetul Muchlis, Sabtu (10/8).

Baca Juga

Sebab, lanjut Jaetul, tugas sebagian dari tim tersebut sudah selesai di Arafah. Karenanya setelah wukuf selesai, mereka langsung bersiap untuk melaksanakan tugas berikutnya di Muzdalifah dan Mina.  Untuk petugas di Muzdalifah, kata dia, akan menempati pos-pos di 11 sektor.

Sebab, kata Jaetul, nanti malam mulai pukul 19.40 waktu Arab Saudi atau selepas Maghrib, sebagian jamaah sudah mulai meninggalkan Arafah menuju Muzdalifah.

"Kita upayakan sebelum pukul 01.00 waktu setempat jamaah sudah clear dari Arafah," jelasnya.

Nantinya mereka akan diberangkatkan dengan menggunakan bus sebanyak enam unit. Dan ia berharap, tidak ada kendala sehingga pergerakan jamaah haji Indonesia berjalan lancar.  Lebih lanjut Jaetul mengungkapkan, diupayakan pada pukul 02.30 jamaah juga sudah disusulkan ke Mina.

"Jamaah kan di Muzdalifah hanya sebatas mabit saja untuk mengambil baru kerikil, selanjutnya mereka bergerak menuju Mina untuk melontar jumrah," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement