Jadwal dan Penjemputan Jamaah Haji Mulai Disosialisasikan

Selasa , 27 Aug 2019, 21:00 WIB Reporter :S Bowo Pribadi/ Redaktur : Agung Sasongko
Calon jamaah haji tertua asal Kabupaten Semarang, Suta Pawira (95), usai  mengikuti acara pelepasan calon jamaah haji asal Kabupaten Semarang, di  pendopo rumah dinas Bupati Semarang, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Selasa  (16/7).
Calon jamaah haji tertua asal Kabupaten Semarang, Suta Pawira (95), usai mengikuti acara pelepasan calon jamaah haji asal Kabupaten Semarang, di pendopo rumah dinas Bupati Semarang, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Selasa (16/7).

IHRAM.CO.ID,  UNGARAN — Menjelang kepulangan para jamaah haji Kabupaten Semarang, Kantor Kemenag Kabupaten Semarang terus mensosialisasikan jadwal serta tatacara penjemputan kepada para masing- masing keluarga jamaah.

 

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Semarang, Taufiqurrahman mengatakan, para penjemput diimbau untuk memperhatikan jadwal kedatangan para jamaah haji di kantor kecamatan masing- masing, pada Rabu 11 September 2019.

Terkait

“Sesuai dengan jadwal, untuk jamaah kloter 81 –yang berjumlah tiga orang--dijadwalkan tiba di Kecamatan masing- masing, pada Rabu sekitar pukul 14. 50 WIB,” ungkapnya, di Ungaran, kabupaten Semarang, Selasa (27/8).

Kemudian, lanjutnya, jamaah haji kloter 82 diperkirakan sampai di kecamatan masing- masing Rabu pukul 17.25 WIB. Jamaah kloter 83, diperkirakan sampai ke kecamatan masing- masing Kamis 12 September dini hari, sekitar pukul 04.30 WIB.

Sedangkan untuk jamaah haji yang masuk dalam kloter 96 diperkirakan sudah tiba di kantor kecamatan masing- masing tanggal Ahad, 15 September 2019 pukul 21.00 WIB.

Ia mengingatkan, untuk penjemput jamaah haji hanya sampai di kantor kecamatan masing- masing saja. “Karena penjemputan para jamaah dari bandara Adi Soemarmo, Solo sudah dilakukan oleh petugas haji daerah,” ungkapnya.

Taufiq juga menyampaikan, masing-masing ketua kloter juga sudah mengumumkan para jamaah tidak usah membawa air zam zam apalagi ditaruh di dalam tas, karena akan dilarang untuk penerbangan.

Untuk jatah air zam zam para jamaah –masing- masing sebanyak 5 liter—sudah diambil oleh petugas haji daerah dan sudah ada di KUA masing- masing. Proses pengambilannya menunggu para jamaah pulang.

Demikian halnya koper milik jamaah haji baru diambil setelah para jamaah tiba di daerah masing- masing dan sudah ditentukan titik- titik untuk pengambilannya. Sehingga nanti jamaah tidak perlu bingung karena koper memang dibawa terpisah dari bis jamaah.

“Kloter jamaah kloter 81, bisa langsung diambil di Asrama Haji Donohudan, karena hanya milik tiga orang jamaah,” tanda Taufiq.

Sedangkan koper jamah haji kloter 82 titik pengambilannya dilakukan di kantor Kemanag kabupaten Semarang. Sedangkan untuk jamaah kloter 63 nanti diambil di KUA Tuntang dan kloter sapujagat di KUA Tengaran.

Jadwal pengambilan koper ini sudah disosialisasikan kepada keluarga jamaah, termasuk waktunya. Bagi keluarga yang akan mengambil koper harus menunjukkan bukti yang sudah ditentukan.

Selain mengambil sendiri, proses pengambilan koper milik jamaah haji juga ada yang diantar oleh petugas KUA. “Jadi ada jamaah yang cukup menunggu di rumah, karena ada petugas KUA yang akan mengantar ke rumah masing- masing jamaah,” tambah Taufiq.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini