Kamis 28 Nov 2019 19:39 WIB

Komisi VIII Sepakat Bentuk Panja BPIH 2020

Panja BPKH diketuai oleh Marwan Dasopang.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Muhammad Hafil
Pelunasan Biaya haji. (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pelunasan Biaya haji. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Komisi VIII DPR membentuk panitia kerja (panja) Biaya Penyelenggara Ibadah haji (BPIH) 2020. Panja tersebut diketuai oleh politikus PKB Marwan Dasopang.

"Dari kami sebanyak 26 orang dan kami sudah sepakat di rapat pimpinan untuk ketua panja biaya penyelenggaran biaya haji 1441H yaitu bapak Marwan Dasopang sebagai ketua panja," kata Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (28/11).

Baca Juga

Dalam rapat yang digelar Kamis siang, disepakati sejumlah kesimpulan. Pertama, komisi VIII telah mendapatkan penjelasan dari menteri agama mengenai kebijakan pelaksaan haji dan usulan biaya ibadah haji tahun 1441 h sebagai bahan awal untuk pembahasan lebih lanjut dalam rapat-rapat panja biaya ibadah haji.

Kedua, komisi VIII dan kemenag bersepakat membantuk panitia kerja ibadah haji 1441 H serta secapatnya dapat memulai pembahasan asumsi dasar dan rincian biaya haji. Ketiga, komisi VIII meminta kemenang untuk menyampaikan data-data yang lebih rinci dan menyusun sandingan komponen dengan perbandingan tahun sebelumnya untuk keperluan pembahasan dalam rapat-rapat panja BPIH.

"Jadi kalau ada geseran turun naik tambahan itu kita buat matriks saja sehingga kita bisa membandingkan," ujar politikus PAN tersebut. 

Sementara itu dari pemerintah sendiri menyetor 30 nama sebagai anggota panja BPIH. Sedangkan Fachrul Razi bertindak sebagai pengarah. 

"Insyaallah kita bisa bekerja sama lebih lanjut tentang pembahasan anggaran," ucapnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement