Ahad 15 Dec 2019 17:17 WIB

Jateng Miliki 4 Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu

Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu bertugas membantu jamaah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Jateng Miliki 4 Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu. Foto ilustrasi jamaah haji Jawa Tengah (Jateng).
Jateng Miliki 4 Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu. Foto ilustrasi jamaah haji Jawa Tengah (Jateng).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Provinsi Jawa Tengah (Jateng) kini sudah mempunyai Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT). Tidak tanggung-tanggung, ada empat gedung PLHUT yang telah diresmikan antara lain PLHUT Banyumas, Tegal, Brebes, dan Kota Semarang.

Empat gedung ini dibangun dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Keempatnya diresmikan secara simbolis oleh Plt. Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Moh. Ahyani di PLHUT Banyumas Purwokerto.

Baca Juga

Ahyani mengatakan, sudah seharusnya pemerintah memberikan perlindungan, pelayanan serta pembinaan kepada jamaah haji. "Perlindungan meskipun tidak terlihat tapi dirasakan. Contohnya paspor dan juga asuransi. Petugas haji juga mempunyai andil untuk membuat jamaah haji merasa aman dan hikmat melayani jamaah haji di Tanah Suci," ujarnya dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Ahad (15/12).

Fungsi kedua adalah pelayanan. Pelayanan biasanya terlihat lebih jelas dibanding yang lain. Ini aspek yang sangat dirasakan jamaah haji, mulai dari pendaftaran sampai pendampingan di luar negeri.

Pelayanan konsumsi, transportasi, dan juga sanitasi juga sedang diusahakan oleh pemerintah sehingga jamaah haji dapat dengan nyaman menjalani ibadah di Tanah Suci. Aspek pembinaan juga sangat penting dalam menambah wawasan jamaah haji. Namun, karena tingkat pengetahuan orang berbeda-beda perlu diadakan pendampingan yang lebih.

"Perlu pendampingan lebih bagi lansia agar dapat mudah memahami tata cara dan juga doa-doa selama menjalani ibadah haji,” ucap Ahyani.

Mewakili Bupati Banyumas, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Tjutjun Sunarti Rochidie berharap gedung PLHUT akan mempermudah calon jamaah haji mendaftar serta mencari informasi terkait perhajian dan umrah.

“Semoga PLHUT ini dapat memberikan manfaat bagi jamaah haji dan memudahkan akses dari pemerintahan ke masyarakat,” kata Tjutjun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement