Jumat 07 Feb 2020 21:05 WIB

Menag Apresiasi Embarkasi Haji Kalbar yang Aktif Tahun Ini

Kalbar mulai aktif mempunyai embarkasi haji sejak tahun ini.

Menteri Agama Fachrul Razi mengapresiasi Kalbar atas operasi embarkasi haji tahun ini.
Foto: Republika/Umar Mukhtar
Menteri Agama Fachrul Razi mengapresiasi Kalbar atas operasi embarkasi haji tahun ini.

IHRAM.CO.ID, PONTIANAK— Pontianak (ANTARA) - Menteri Agama RI Fachrul Razi menyampaikan bahwa mulai tahun ini Kalimantan Barat memiliki embarkasi haji. 

Pernyataan ini disampaikan pada kunjungan kerjanya dalam rangka kegiatan pembinaan pegawai dan rapat kerja Kanwil Kemenag Kalbar, Jumat (7/2). “Sejumlah kemajuan pelaksanaan haji di Indonesia termasuk di Kalbar yakni mulai tahun ini sudah memiliki embarkasi haji,” ujarnya di Pontianak. 

Baca Juga

Dia juga menambahkan sejumlah kemajuan lainnya di antaranya ada penambahan maskapai penerbangan yang semula hanya dua dan kini ditambah dua lagi, sehingga menjadi empat maskapai penerbangan.

“Dulu hanya ada Garuda Indonesia dan Saudi Airlines. Namun sekarang ditambah dua yakni Citilink dan Skynas. Soal makan jamaah haji Indonesia pun akan ada perbaikan yang semula hanya 40 kali sekarang sudah menjadi 50 kali makan di Makkah," sebut dia.

Lebih lanjut, pada kesempatan itu dia meminta pentingya semua pihak menjaga kerukunan antara umat beragama dan menjadikan perbedaan sebagai kekayaan. Dia menyampaikan bahwa bangsa dan negara telah membentuk sesuai kesepakatan bersama berdasarkan filosofi Pancasila dan landasan konstitusi UUD 1945. Namun keduanya tidak lepas dari spirit nilai-nilai agama yang telah lama di yakini dan d praktekkan ke masyarakat Indonesia yang terkenal religius.

"Dalam konteks inilah keberadaan Kementerian Agama diberi tugas dan kewenangan agar mendukung universal agama di mana pun dan kapan pun agar tetap menjadi ruh," sebutnya. 

Menteri Agama RI Fachrul Razi usai kegiatan pembinaan pegawai dan rapat kerja Kanwil Kemenag Kalbar kemudian bertolak menuju Kota Singkawang. Menteri Agama akan menghadiri perayaan puncak Cap Go Meh di Kota Singkawang pada 8 Februari 2020.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement