Kamis 20 Feb 2020 15:55 WIB

1500 Kuota Jamaah Haji Lagos Telah Terpenuhi

Ada kemungkin Lagos meminta slot tambahan jika kehabisan 2.500 kuota di awal.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Fakhruddin
calon haji Nigeria
Foto: naijaloaded
calon haji Nigeria

IHRAM.CO.ID,LAGOS -- Pemerintah Negara Bagian Lagos, Nigeria, mengatakan 1.500 dari 2.500 kuota haji telah terisi. Jumlah ini telah dialokasikan oleh Komisi Haji Nasional (NAHCON) untuk wilayah negara bagian.

Sekretaris Eksekutif Dewan Kesejahteraan Jamaah Haji Muslim Negara Bagian Lagos, Rahman Ishola, yang berbicara selama kunjungan Komisaris Urusan Dalam Negeri, Pangeran Anofiu Elegushi, mengatakan ada kemungkin meminta slot tambahan jika kehabisan 2.500 kuota di awal.

Dia meminta bantuan kepada komisioner untuk menghadapi dewan. Permintaan bantuan ini, menurut dia, termasuk untuk akomodasi kantor dan furnitur yang tidak memadai.

Pangeran Anofiu Elegushi mengatakan pemerintah telah menargetkan 4.000 jamaah untuk pelaksanaan haji tahun ini. Dia mengatakan segala strategi dan perlengkapan telah disiapkan untuk memenuhi target.

Ia juga menyatakan ketidaksukaannya terhadap pengurangan jumlah jamaah haji dari negara bagian yang terjadi secara konsisten dari waktu ke waktu. Dia mengatakan Lagos mengangkut lebih dari 4.000 jamaah ke Tanah Suci di masa lalu.

“Pelaksanaan haji menjadi sesuatu yang sensitif. Operasi haji telah menjadi penghubung antara Nigeria dan Arab Saudi. Oleh karena itu, negara tidak dapat mengingkari mandatnya untuk meningkatkan layanan mulai dari penerbangan yang lancar dan cepat, akomodasi hotel yang lebih dekat dengan Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi di Makkah dan Madinah, serta penyebaran informasi yang memadai dan efektif kepada para jamaah. Ini akan meningkatkan kuota kami di operasi pelaksanaan haji selanjutnya," kata Elegushi dikutip di Thenationonlineng, Kamis (20/2).

Dia juga menambahkan ketiga hal tersebut sangat erat dan penting untuk dewan. Jika harus mempertahankan statusnya yang patut ditiru untuk menjadi yang terbaik di antara yang lainnya dalam operasi haji di Nigeria, maka harus mempertahankan jumlah jamaah haji reguler dan meningkatkan perlindungan atau fasilitas.

Komisaris Urusan Dalam Negeri Logos lalu meyakinkan calon jamaah akan mendapatkan layanan yang berkualitas dan prima selama haji. Dia didampingi oleh Sekretaris Permanen, Ny. Adebunmi Adekanye dan pejabat tinggi kementerian lainnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement