Selasa 25 Feb 2020 18:07 WIB

Sapuhi Jabar Gelar Pameran Sosialisasi Umrah Aman

Peminat umrah sangat tinggi karena daftar tunggu haji sangat panjang.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ani Nursalikah
Sapuhi Jabar Gelar Pameran Sosialisasi Umrah Aman. Pameran Haji dan Umrah.
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Sapuhi Jabar Gelar Pameran Sosialisasi Umrah Aman. Pameran Haji dan Umrah.

IHRAM.CO.ID, BANDUNG -- Minat masyarakat menjalankan ibadah umrah terus meningkat karena daftar tunggu haji semakin lama. Selain itu, menurut Ketua Sarikat Penyelenggara Umrah dan Haji (Sapuhi) Jawa Barat, Zainurrofieq, permintaan umrah juga meningkat karena menjadi gaya hidup.

Zainurrofieq mengatakan, daftar tunggu haji di Jabar mencapai 18-20 tahun. Selain itu, warga yang sudah berangkat haji dan ingin kembali berhaji harus menunggu 10 tahun.

Baca Juga

Kondisi tersebut membuat peminat umrah menjadi sangat tinggi. Bahkan, jumlah jamaah yang beribadah umrah diperkirakan lebih dari 150 ribu orang setiap tahunnya.

“Minat masyarakat untuk umrah sangat tinggi. Selain itu, ibadah umrah saat ini sudah menjadi gaya hidup,” ujar Zainurrofieq, Selasa (25/2).

Zainurrofieq pun menyayangkan minat umrah masyarakat tersebut terganggu akibat perilaku oknum travel umrah nakal dan tak berizin. Hal tersebut samakin parah saat informasi tentang umrah yang minim.

“Masyarakat harus bisa memilih travel umrah yang kompeten. Jangan mudah terjebak biaya umrah murah,” katanya.

Melihat kondisi ini, ia akan menyosialisasikan bagaimana memilih travel umrah aman. Ia pu, akan berupaya menyediakan layanan ibadah umrah tepercaya dan terjangkau melalui gelaran pameran Umroh Juara yang berlangsung 26 Februari hingga 1 Maret 2020 di Trans Studio Mall. Terdapat 30 stan yang diisi perbankan syariah, asuransi, serta perusahaan lain yang berkaitan dengan umrah.

"Terdapat promo paket umrah seharga Rp 19,9 juta dengan DP hanya Rp 500 ribu. Selain itu, terdapat juga Paket Haji Furoda (daftar tahun ini, berangkat tahun ini) dengan cashback Rp 3,5 juta," katanya.

Selain pameran, kegiatan tersebut juga berisi sosialisasi tentang umrah untuk masyarakat, salah satunya tentang program 5 Pasti dari Kementerian Agama (pastikan travelnya berizin, pastikan programnya, pastikan visa, tiket, dan hotelnya).

“Masyarakat bisa mendapatkan banyak informasi tentang umrah di pameran Umroh Juara. Travel umrah yang ikut pameran ini sudah tepercaya,” katanya.

Ketua Sterring Commite, Edwin Miftahudin mengatakan pameran ini mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Rencananya, Wakil Gubernur Jawa Barat UU Rhuzanul Ulum akan membuka secara langsung.

Selain itu, sejumlah tokoh-tokoh nasional akan hadir, di antaranya Tuan Guru Bajang (TGB), Mamah Dedeh, KH Sofyan Yahya dan Ketua Umum Sapuhi Syam Resfiadi. Pameran Umroh Juara akan dimeriahkan artis nasional pula seperti Inka Christie, Abdel dan ustaz milenial seperti Ustadz Evie Effendi, Kang Abik serta legenda Persib Ajat Sudrajat.

Melalui pameran Umroh Juara, kata dia, Sapuhi Jabar mendukung pemberdayaan lokal dengan mengoptimalkan Bandara Kertajati sebagai bandara keberangkatan jamaah umrah. “Kami ingin membangun pemahaman umrah tak hanya ibadah ritual, tapi juga menjadi ajang meningkatkan kualitas diri sekaligus memajukan umat Muslim,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement