Kamis 27 Feb 2020 23:47 WIB

Kemenag Kaltim Imbau Biro Haji Umroh Bersabar

Kemenag Provinsi masih menunggu kajian pusat terkait penangguan umroh

Calon Jamaah Umroh menunggu kepastian untuk berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020).
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Calon Jamaah Umroh menunggu kepastian untuk berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020).

IHRAM.CO.ID, SAMARINDA -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur imbau biro perjalanan haji dan umroh bersabar terkait dengan keputusan penangguhan pelaksanaan ibadah umroh oleh Pemerintah Arab Saudi.

Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kaltim Ahmad Ridani kepada awak media di Samarinda, Kamis, mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menunggu kajian dari Pemerintah Pusat terkait persoalan tersebut."Saat ini belum ada petunjuk resmi dari Kemenag RI. Kami masih menunggu," kata Ahmad Ridani.

Berdasarkan data, terdapat 14.628 peserta umrah dari Kaltim yang telah mendaftar. Dari jumlah itu, kota Samarinda menduduki posisi terbanyak dengan jumlah 4.566 orang, menyusul Balikpapan 3.967, lalu Kutai Kartanegara 1.516, Bontang1.220, kemudian Kutai Timur 1.145, dandari Berau913 orang.

Sementara Penajam Paser Utara ada 628 orang, Tanah Paser 486 dan Kutai Barat dengan 184. Daftar itu berasal dari Agustus 2019 hingga Februari 2020.“Kalau nanti putusannya dilarang, kami akan mengikuti aturan dengan tidak memberangkatkan,” katanya.

Saat ini pihaknya hanya bisa menunggu putusan dari Kemenag di pusat, terkait persoalan pelarangan sementara oleh Pemerintah Arab Saudi tersebut. Apabila pelarangan tetap diberlakukan, maka apa boleh buat, pejabat daerah terkait harus melakukan tindakan preventif yang senada.

Selain itu,langkah yang akan dilakukan meminta biro perjalanan umrah agar menahan dulu hingga Pemerintah Arab Saudi membuka kembali negaranya untuk ibadah umrah ini. Saat ini masih ada jamaah Kaltim di Arab Saudi. “Sampai sekarang belum ada masalah. Makanya kami terus melakukan koordinasi,” katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement