Rabu 11 Mar 2020 17:03 WIB

Travel Umroh: Langkah Kemenag Tutup Siskopatuh Tepat

Jadwal keberangkatan jamaah umroh akan diatur ulang sesuai musim keberangkatannya.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Fakhruddin
Suasana area tawaf yang lengang di Masjidil Haram setelah Kerajaan Arab Saudi sebagai Pelayan Dua Kota Suci menghentikan sementara ibadah umrah, Jumat (6/3). (Ganoo Essa/Reuters)
Foto: Ganoo Essa/Reuters
Suasana area tawaf yang lengang di Masjidil Haram setelah Kerajaan Arab Saudi sebagai Pelayan Dua Kota Suci menghentikan sementara ibadah umrah, Jumat (6/3). (Ganoo Essa/Reuters)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Direktur Utama Adinda Azzahra Tour and Travel Priyadi Abadi menuturkan langkah Kementerian Agama menutup sementara Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh) sudah tepat. Karena ini bentuk perlindungan kepada calon jamaah umroh.

"Saya setuju dengan langkah Kemenag, itu sudah tepat, karena ini dalam rangka melindungi jamaah ya. Sampai sekarang ini pihak Saudi belum memastikan kapan akan dibuka kembali. Meski ini sementara, tidak ada juga yang bisa memastikan kapan dibukanya," tutur dia kepada Republika.co.id, Rabu (11/3).

Priyadi melanjutkan, jika pemerintah terus membuka pendaftaran perjalanan umroh dan haji khusus, tentu ini kurang bijak. Apalagi, lanjut dia, bila sampai ada yang memberi uang muka di tengah masalah wabah virus Corona yang melanda banyak negara itu.

"Itu kan juga membuka peluang penyalahgunaan dana. Jadi sebelum ada kejelasan dari pihak Saudi terkait kepastian kapan dibukanya untuk umroh ini, ya lebih baik ditutup dulu," kata Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) itu.

Untuk yang sudah daftar dan membayar biaya umroh, kata Priyadi, jadwal keberangkatan mereka akan diatur ulang sesuai musim keberangkatannya, yakni low session atau high session. Bila calon jamaah mendaftar untuk musim low session, maka jadwalnya dialihkan ke musim yang sama pula.

"Misalnya di jadwal dia berangkat bulan ini, Maret kan low session, ketika misalnya nanti Agustus sudah dibuka lagi, dia enggak bisa pilih di Desember, karena itu high session, mahal. Jadi kita jadwal ulang sesuai harga yang dibayar, yaitu pada saat low session juga," jelasnya.

Kementerian Agama akan menutup sementara layanan pendaftaran umroh dalam aplikasi Siskopatuh. Penutupan akan mulai dilakukan pada Kamis (12/3) besok. "Siskopatuh kami tutup sementara. Ini menyusul kebijakan pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara ibadah umroh," ujar Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement