Rabu 08 Apr 2020 18:55 WIB

Menag Kaji Usulan Dana Haji untuk Penanganan Covid-19

Dana haji diusulkan dipakai tangani Covid-19 jika Saudi tunda ibadah haji.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Ani Nursalikah
Menag Kaji Usulan Dana Haji untuk Penanganan Covid-19.
Foto: Darmawan/Republika/MCH2019
Menag Kaji Usulan Dana Haji untuk Penanganan Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan Kementerian Agama akan mengkaji usulan soal pengalihan dana haji untuk penanganan Covid-19. Usulan itu disampaikan bila haji tahun ini diputuskan ditunda oleh Pemerintah Arab Saudi.

"Tentang kemungkinan haji ditunda mungkin dananya bisa dialihkan untuk Covid-19. Mungkin akan kita kaji lagi lebih lanjut nanti," kata Fachrul dalam rapat daring bersama Komisi VIII DPR RI, Rabu (8/4).

Baca Juga

Meski dirasa memungkinkan, Fachrul masih berharap, dana haji tak perlu dialokasikan untuk penanganan Covid-19 tersebut. Ia berharap, dana yang telah diatur oleh Kementerian Keuangan dapat mencukupi kebutuhan penanganan Covid-19.

Dengan demikian, maka dana haji tahun ini tak perlu direalokasikan untuk percepatan penanganan Covid-19 ini. "Mudah-mudahan nanti dana yang diberikan menteri keuangan akan cukup sehingga tidak perlu mengalihkan dana itu," ujar Fachrul.

Usulan ini muncul dari Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Nanang Samodra. Menurut Nanang, usulan ini berlaku bila penyelenggaraan haji tahun ini tertunda.

"Saya ingin mengajak Pak Menteri mengasumsikan atau membuat semacam skenario apabila ini ditunda, kira-kira dana untuk keperluan haji ini bisa dialihkan untuk menangani Covid-19," kata Nanang.

Nanang mengaku khawatir, dengan adanya wabah Covid-19 ini, penyelenggaraan haji akan tertunda. Terlebih, Pemerintah Arab Saudi juga belum mengeluarkan keputusan terkait penyelngaraan ibadah haji tahun ini.

"Saya khawatir pelaksanaan ibadah haji ini kemungkinan besar akan tertunda. Alasannya hingga sekarang belum ada tanda-tanda Covid-19 menurun," ujar Nanang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement