Senin 20 Apr 2020 20:43 WIB

Minum Air Zamzam dan Memohon Kesembuhan Penyakit

Alangkah baiknya meminum air zamzam sambil menghaturkan doa.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Minum Air Zamzam dan Memohon Kesembuhan Penyakit. Sejumlah jamaah haji meminum air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah.
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Minum Air Zamzam dan Memohon Kesembuhan Penyakit. Sejumlah jamaah haji meminum air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sumur air zamzam merupakan sumur mukjizat bagi umat Muslim. Sumur peninggalan Nabi Ismail ini tak pernah kering dan airnya dapat diminum hampir seluruh umat Muslim di dunia.

Dari sumur zamzam di Masjidil haram, air zamzam menebarkan keberkahan dan kuasa Allah SWT. Imam Zarkasyi dalam kitab berjudul Fiqih: Zakat, Haji, dan Puasa menjelaskan, air zamzam memang memiliki nilai sejarah yang besar bagi umat Muslim.

Baca Juga

Tak hanya itu, bagi jamaah haji maupun umroh, usai menunaikan tawaf disunahkan meminum air zamzam. Sedangkan bagi umat Muslim di mana pun berada, alangkah baiknya meminum air zamzam sambil menghaturkan doa.

Doanya berbunyi, “Allahumma inni as-aluka ‘ilman na’fian, wa rizqan waasia’an, wa syifaan min kulli da-in wa saqomin.” Yang artinya: "Ya Allah ya Tuhan, aku memohon kepada Engkau (agar menghadirkan hamba) ilmu yang bermanfaat, dan rizki yang luas, serta kesehatan (kesembuhan) dari segala penyakit."

Doa ini dapat dibaca sebelum meneguk air zamzam. Semoga dengan rutin mengamalkan amalan ibadah wajib dan sunah, Allah SWT dapat memudahkan setiap urusan kita di masa pandemi corona (Covid-19) ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement