Jumat 01 May 2020 15:00 WIB

Saudi akan Lakukan Pengujian Komunitas untuk Tekan Covid-19

Mereka yang terdeteksi membawa virus tidak akan disalahkan atau keluarga mereka.

Saudi akan Lakukan Pengujian Komunitas untuk Tekan Covid-19. Ilustrasi tes corona.
Foto: www.freepik.com
Saudi akan Lakukan Pengujian Komunitas untuk Tekan Covid-19. Ilustrasi tes corona.

REPUBLIKA.CO.ID,JEDDAH -- Kementerian Kesehatan Saudi telah mengambil langkah lain dalam perjuangannya melawan penyakit coronavirus (Covid-19) dengan memperkenalkan survei pengujian komunitas.

"Jika perlu, ini akan dilakukan secara terorganisir melalui penunjukan skrining yang dijadwalkan di seluruh Kerajaan," kata sumber di kementerian mengatakan kepada Arab News, Jumat (1/5).

Dengan pengujian komunitas secara terorganisir sumber tersebut menambahkan tidak akan ada yang mengetuk pintu secara acak untuk menguji orang. Menurut laporan media, tanggal diedarkan awal untuk dimulainya pengujian ditetapkan menjadi Jumat, 1 Mei, yang dibantah oleh juru bicara Departemen Kesehatan, Dr. Mohammed Al-Abd Al-Aly.

"Kami perhatikan kemarin peredaran informasi palsu, di mana pesan dipertukarkan tentang tim survei aktif memasuki rumah untuk memulai pengujian, yang tidak benar," kata Al-Aly.

Pengujian massal bertujuan untuk meredakan lonjakan dalam kasus dan menangkap daerah yang sudah terinfeksi awal untuk menghentikan kasus lebih lanjut dari timbul. Selama prosedur skrining massal, tim medis biasanya mengunjungi tempat-tempat di mana infeksi sebelumnya telah dilaporkan, dan membuat orang menjalani tes untuk memastikan tidak ada lagi kasus Covid-19.

Abdullah Al-Zahrani, seorang ahli bedah ortopedi di Rumah Sakit Umum Al-Mana, mengatakan kepada Arab News bahwa tidak ada keraguan bahwa tes skrining untuk Covid-19 adalah langkah besar ke depan. 

“Kita tahu bahwa pencegahan adalah standar emas dalam pengelolaan pandemi di bidang nasional dan internasional. Karena banyak orang yang terinfeksi tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala penyakit dalam apa yang disebut masa inkubasi, orang-orang ini terutama bertanggung jawab untuk penyebaran penyakit, dan mereka adalah orang-orang yang tes skrining dilakukan (untuk) dalam rentan populasi, "kata Al-Zahrani.

Dia menambahkan bahwa konsep skrining massal telah diadopsi oleh banyak negara, seperti Inggris, di mana rata-rata 10.000 tes dilakukan setiap hari pada awal pandemi. Dia mengatakan bahwa tes baru-baru ini mencapai 50.000 per hari di Inggris, dan bahwa mereka berencana dan berharap untuk mencapai 100.000 tes per hari dalam kampanye skrining massal mereka.

Berbicara kepada Arab News, konsultan pengobatan komunitas Dr. Abdul-Hafeez Khoja mengatakan bahwa Kerajaan bangga pada kemampuan para pemimpinnya untuk menerapkan langkah-langkah ilmiah modern dalam perang melawan pandemi.

“Mereka menerapkan langkah-langkah dalam beberapa tahap, dipelajari dan direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pejabat di bidang pengendalian infeksi di Kementerian Kesehatan Saudi, yang memiliki tingkat pengalaman yang tinggi di bidang ini, melalui hak mereka. penanganan pandemi sebelumnya, ”kata Khoja.

Sementara mengadopsi langkah seperti itu, Khoja mengatakan, Arab Saudi mengabaikan biaya keuangan besar pengujian massal dan mengikuti prinsipnya "kesehatan pertama dan ekonomi kedua."

Dia mengatakan bahwa pentingnya kampanye ini dari sudut pandang ilmiah tergantung pada karakteristik virus, yang tidak mereproduksi dan hidup hanya di dalam sel hidup. Kehadiran virus di alam, katanya, akan menyebabkan kematiannya setelah beberapa hari kecuali ia dapat mencapai manusia dan berkembang biak di dalam selnya. 

"Fakta kedua adalah bahwa infeksi virus ini dapat terjadi segera setelah memasuki tubuh manusia dan sebelum gejala muncul," kata Khoja, menambahkan, "Salah satu karakteristik virus ini adalah ia menular sebelum gejala muncul pada manusia." orang yang terinfeksi."

Konsultan mengirim dua pesan kepada masyarakat, sebagai ahli medis preventif dan komunitas mengatakan, "Ini adalah peran kami terhadap keluarga dan komunitas kami dalam mendeteksi siapa saja yang membawa virus, bahkan jika saya yang terinfeksi."

Dia meyakinkan orang-orang dalam pesan keduanya bahwa mereka yang terdeteksi membawa virus tidak akan disalahkan atau keluarga mereka. "Hanya langkah-langkah karantina di rumah yang akan diambil sebagai langkah berani dan ilmiah untuk menghilangkan virus ini."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement