Selasa 26 May 2020 15:30 WIB

Thawaf, Gambaran Persatuan Umat

Thawaf adalah ritual yang harus dilakukan saat menunaikan ibadah haji.

Jamaah haji sedang thawaf untuk umrah sunah. (ilustrasi)
Foto: Heri Ruslan/Republika Online
Jamaah haji sedang thawaf untuk umrah sunah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Thawaf adalah ritual yang harus dilakukan saat menunaikan ibadah haji. Thawaf yaitu memutari Ka’bah di Masjidil Haram sebanyak tujuh kali.

Thawaf merupakan salah satu ibadah yang menggambarkan persatuan umat Islam di seluruh dunia. Seluruh kaum Muslimin dari berbagai mazhab berkumpul melakukan hal yang sama.

Baca Juga

Selain itu, ibadah ini juga kerap digunakan sebagai analogi bersatunya ilmu dan agama. Thawaf juga dilakukan para malaikat di langit. Mereka mengitari arasy, singgasana Allah.

Thawaf dimulai dari tempat batu hitam atau hajar aswad yang berada di salah satu sisi Ka’bah. Disunahkan bagi yang melakukan thawaf untuk menyentuhnya.

 

Namun, tidak apa-apa jika tidak bisa melakukan itu. Keramaian Muslim yang berthawaf menyulitkan mereka untuk menyentuh hajar aswad. Selesai melakukan thawaf satu kali, seseorang dianjurkan bertakbir.

Di akhir thawaf, seseorang dianjurkan melakukan shalat dua rakaat di dekat makam Nabi Ibrahim, kemudian meminum air zamzam sebelum melaksanakan sa’i.

sumber : Pusat Data Republika
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement