Kisah Snouck Hurgronje Saat Berada di Makkah

Selasa , 23 Jun 2020, 14:58 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
suasana haji yang difoti Snouck Hurgronje saat di Makkah.
suasana haji yang difoti Snouck Hurgronje saat di Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Muhammad Subarkah, Jurnalis Republika

 

Terkait

Seperti apa sih kisah Sncouk Hurgronje saat berada di Makkah? Setidaknya kisah ini terlacak pada buku, Mencari Arab, Melihat Indonesia karya Kevin W Fogg . Di sana diceritakan bila Snouck Jurgronje tidak hanya berinteraski dengan orang-orang Arab selama berada di Tanah Suci. Ia juga memberi perhatian khusus pada orang-orang yang berasal dari Asia Tenggara, yang disebutnya sebagai masyarakat ‘Jawah’.

Mereka terutama berasal dari wilayah yang berada di bawah kekuasaan kolonial Belanda, sebagai buktikan dalam buku Snouck Hurgronje tentang Makkah. Pengamat-pengamatannya mengenai kelompok ini menunjukan bias Arabnya yang kental. Komentar-komentar awal mengenai orang-orang Asia Tenggara dalam bukunya ‘Makkah in the Later Half of  the Nineteenth Century’ membicarakan watak mereka yang mengagumkan.

Snouck Hurgonje menulis begini: ‘’Hanya orang ‘Jawah’ (orang-orang dari kepulauan Hindia Timur dan Malaya) yang dapat dikatakan semuanya menjadi orang-orang Makkah yang bebas dari segala bentuk kepentingan duniawi, meskipun sebagian orang ini setelah beberapa tahun tinggal, tetapi tidak memiliki kenginan besar menjadi orang Makkah).