Selasa 04 Aug 2020 04:45 WIB

Sejarah Perluasan Masjidil Haram

Renovasi total Masjidil Haram terjadi pada era Arab Saudi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Ani Nursalikah
Sejarah Perluasan Masjidil Haram. Masjidil Haram 1935
Foto:

Era Arab Saudi

Terlepas dari pekerjaan mengesankan para penguasa sepanjang sejarah untuk memperluas dan merawat Masjidil Haram, prestasi luar biasa para raja Arab Saudi membawa perwalian situs tersuci di dunia Islam ke tingkat yang baru. Ketika Raja Abdul Aziz menyatukan negara dan mendirikan Arab Saudi, ia menjadikan Dua Masjid Suci prioritas utama dan memastikan mereka mendapat perhatian khusus.

Pada 1926, ia memerintahkan renovasi total Masjidil Haram, termasuk arahan menutupi seluruh lantai dengan marmer. Setahun kemudian, menurut Presidensi Umum, dia memerintahkan tenda-tenda didirikan di mataf (ruang pengintaian) untuk melindungi jamaah dari panasnya matahari. 

Dia juga memerintahkan Masa (daerah antara Safa dan Marwah untuk sa'i) diaspal dengan batu untuk pertama kalinya. Pada 1928, ia memerintahkan pendirian pabrik kiswah untuk memproduksi kain yang menutupi Ka'bah. Dia bahkan menjadikannya suatu kondisi dalam kehendaknya bahwa putra-putranya terus memperluas Masjidil Haram untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah peziarah.

Ketika putranya, Raja Saud menjadi raja, Masjidil Haram mencakup sekitar 28 ribu meter persegi. Pada 1955, ia meluncurkan proyek ekspansi jangka panjang yang berlanjut selama hampir 10 tahun. Ukuran Masa meningkat, dan area bawah tanah dan lantai lain ditambahkan.

Pengganti Saud, Raja Faisal melanjutkan pekerjaan ekspansi dan pengembangan. Bangunan yang mengelilingi Maqam Ibrahim dipindahkan untuk menyediakan lebih banyak ruang bagi jamaah saat mengelilingi Ka'bah.

photo
Suasana renovasi Mataf Masjidil Haram. - (Dok. Kemenag/ Arsyad Hidayat)

Setelah Raja Khalid mengambil alih pada 1975, wilayah Mataf diperluas dan trotoar batu Masa diganti dengan marmer Yunani yang tahan panas sehingga jamaah dapat mengelilingi Kabah dengan lebih nyaman, terutama pada siang hari. Pada 14 September 1988, Raja Fahd meletakkan batu fondasi untuk perluasan Masjidil Haram terbesar dalam 14 abad. 

Proyek ini meningkatkan ukurannya menjadi 356 ribu meter persegi, cukup ruang untuk hingga 1,5 juta jamaah untuk melakukan ritual dengan nyaman. Selain itu, dua menara ditambahkan dari tujuh yang ada.

Pemimpin keenam Arab Saudi, Raja Abdullah, yang naik takhta pada 2005, memprakarsai proyek ekspansi besar lainnya, yang meliputi perbaikan arsitektur, teknis, dan keamanan. Kapasitas daerah Mataf meningkat dari sekitar 50 ribu orang per jam menjadi lebih dari 130 ribu untuk mengatasi meningkatnya jumlah jamaah haji dan umrah.

Total ruang yang dicakup oleh Masjidil Haram dan area terbuka serta fasilitasnya meningkat menjadi 750 ribu meter persegi, dengan total biaya lebih dari 21,3 miliar dolar AS. Pada 2015, Raja Salman meluncurkan lima proyek besar yang dirancang untuk memungkinkan masjid menampung hampir dua juta jamaah di situs seluas 1,5 juta meter persegi. 

Properti tetangga bernilai miliaran dolar diperoleh untuk menyediakan tanah yang dibutuhkan. Proyek-proyek tersebut termasuk perluasan gedung utama, alun-alun, terowongan pejalan kaki, stasiun pusat layanan dan jalan lingkar pertama. Arahan juga dikeluarkan untuk memanfaatkan ruang di semua lantai masjid untuk mengakomodasi lebih banyak jamaah di Masjid Agung dan memungkinkan mereka untuk melakukan tawaf dengan nyaman. Kapasitas toilet dan tempat wudhu ditingkatkan menjadi 16.300.

Peningkatan teknologi ke Masjidil Haram termasuk eskalator dan lift yang beroperasi sepanjang waktu, AC, pencahayaan, sistem suara, pengawasan video dan sistem pengendalian kebakaran. Sebuah laporan oleh Kementerian Keuangan mengungkapkan proyek-proyek dalam perluasan ketiga terbaru, yang dimulai pada 2008, termasuk pengembangan bangunan utama, Masa dan Mataf, jembatan, teras, layanan pusat, terowongan layanan, terowongan rumah sakit dan pejalan kaki, stasiun transit dan jembatan, jalan lingkar di sekitar masjid, dan infrastruktur seperti pembangkit listrik, dan waduk air.

 

Pada Agustus 2019, Saudi Press Agency melaporkan proyek untuk menambah lebih dari 3.000 meter persegi ruang dekat Masjidil Haram hampir selesai. Itu dirancang untuk meningkatkan kapasitas masjid dan halamannya untuk memberikan layanan sebaik mungkin bagi jamaah haji dan umroh, membantu dengan kontrol kerumunan dan memastikan keamanan pengunjung. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement