Senin 10 Aug 2020 10:41 WIB

Nasib Tragis Lebanon dan Beirut: Dari Era Otoman Hingga Kini

Beirut, Dari Era Otoman Hingga Kini

Beirut, Lebanon.
Foto:

Maret 2013 - Pesawat tempur dan helikopter Suriah menembakkan roket ke Lebanon utara, beberapa hari setelah Damaskus memperingatkan Beirut untuk menghentikan militan melintasi perbatasan untuk melawan pasukan pemerintah Suriah.

2009 Maret-April - Pengadilan internasional untuk mengadili tersangka pembunuh mantan Perdana Menteri Hariri dibuka di Hague. Mantan perwira intelijen Suriah Mohammed Zuhair al-Siddiq ditangkap sehubungan dengan pembunuhan, dan empat jenderal Lebanon pro-Suriah yang ditahan sejak 2005 dibebaskan setelah aturan pengadilan tidak ada cukup bukti untuk menghukum mereka.

Pemerintahan Najib Mikati mengundurkan diri di tengah ketegangan atas pemilihan yang akan datang.

April 2013 - Politisi Muslim Sunni Tammam Salam ditugaskan untuk membentuk pemerintahan baru.

Mei 2013 - Setidaknya 10 orang tewas dalam bentrokan sektarian lebih lanjut di Tripoli antara pendukung dan penentang rezim Suriah. Parlemen memilih untuk menunda pemilihan yang dijadwalkan pada bulan Juni hingga November 2014 karena masalah keamanan atas konflik di Suriah.

Juni 2013 - Sejumlah orang tewas dalam bentrokan antara pria bersenjata Hizbullah dan pemberontak Suriah di Lebanon.

Sedikitnya 17 tentara Lebanon tewas dalam bentrokan dengan militan Sunni di kota pelabuhan Sidon.

Juli 2013 - Uni Eropa mencantumkan sayap militer Hizbullah sebagai organisasi teroris. Ini membuat ilegal bagi simpatisan Hizbullah di Eropa untuk mengirim uang kelompok, dan memungkinkan pembekuan aset kelompok di sana.

2013 Agustus - Puluhan orang tewas dalam serangan bom di dua masjid di Tripoli. Serangan kembar, yang terkait dengan ketegangan atas konflik Suriah, adalah yang paling mematikan di Lebanon sejak berakhirnya perang saudara pada tahun 1990.

Krisis pengungsi

2013 September - Badan pengungsi PBB mengatakan setidaknya ada 700.000 pengungsi Suriah di Lebanon.

Pemerintah persatuan

2009 Juni - Aliansi 14 Maret yang pro-Barat memenangkan pemilihan parlemen dan Saad Hariri membentuk pemerintahan persatuan.

November 2013 - Pemboman bunuh diri ganda di luar kedutaan besar Iran di Beirut menewaskan sedikitnya 22 orang. Ini adalah salah satu serangan terburuk di Beirut selatan Syiah sejak konflik di Suriah dimulai.

Desember 2013 - Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan dinas intelijen Saudi berada di balik pemboman di luar kedutaan Iran di Beirut.

Komandan senior Hizbullah Hassan Lakkis ditembak mati di dekat Beirut. Hizbullah menuduh Israel membunuhnya. Israel membantah terlibat.

Mantan menteri Lebanon dan tokoh oposisi Mohamad Chatah - seorang Muslim Sunni yang juga seorang kritikus setia Presiden Suriah Bashar al-Assad - tewas oleh bom mobil di Beirut tengah.

Februari 2014 - Politisi Muslim Sunni Tammam Salam akhirnya membentuk kabinet pembagian kekuasaan baru setelah 10 bulan pembicaraan.

April 2014 - PBB mengumumkan bahwa jumlah pengungsi Suriah yang terdaftar di Lebanon telah melampaui satu juta. Arus masuk yang semakin cepat berarti bahwa satu dari setiap empat orang yang tinggal di Lebanon sekarang menjadi pengungsi dari konflik Suriah.

Mei 2014 - Presiden Suleiman mengakhiri masa jabatannya, meninggalkan kekosongan kekuasaan. Beberapa upaya dilakukan di parlemen selama beberapa bulan berikutnya untuk memilih penggantinya.

Agustus 2014 - Pemberontak Suriah menyerbu kota perbatasan Arsal. Mereka mundur setelah ditantang oleh militer tetapi menyandera 30 tentara dan polisi.

September 2014 - Perdana Menteri Salam mengimbau para pemimpin dunia di PBB untuk membantu Lebanon menghadapi '' serangan teroris '' dan banjir pengungsi dari Suriah.

Oktober 2014 - Bentrokan di Tripoli antara tentara dan pria bersenjata Islam, sebagai limpahan kekerasan dari konflik Suriah.

November 2014 - Parlemen memperpanjang masa jabatannya hingga 2017, dengan alasan masalah keamanan terkait Suriah.

2015 Januari - Israel melancarkan serangan udara di sisi Suriah dari Golan, menewaskan pejuang Hizbullah dan seorang jenderal Iran. Beberapa bentrokan terjadi di perbatasan Israel-Lebanon.

2015 Januari - Pembatasan baru bagi warga Suriah yang memasuki Lebanon mulai berlaku, semakin memperlambat arus orang yang mencoba melarikan diri dari perang.

Juni 2016 - Pemboman bunuh diri di Al-Qaeda, yang diduga dilakukan oleh warga Suriah, memperburuk hubungan yang sudah tegang antara Lebanon dan lebih dari 1 juta pengungsi Suriah di negara itu.

Juni 2017 - Undang-undang pemilu baru disetujui oleh Parlemen setelah banyak penundaan.

Krisis ekonomi

Januari 2020 - Protes massal terhadap stagnasi ekonomi dan korupsi menjatuhkan pemerintahan Saad Hariri, yang digantikan oleh akademisi Hassan Diab.

Juni 2020 - Protes berlanjut setelah penurunan besar-besaran nilai mata uang dan dampak penguncian Cvoid-19 mendorong separuh populasi ke dalam kemiskinan.

Agustus 2020: Bom dahysat meledak di kawasan pelabuhan Beirut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement