Jumat 21 Aug 2020 17:42 WIB

Arab Saudi Kenalkan Destinasi Paket Liburan Musim Panas

Arab Saudi sedang membentuk visi pariwisata nasional.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi Kenalkan Destinasi Paket Liburan Musim Panas. Pantai di kawasan Corniche, Jeddah, Arab Saudi
Foto:

Selanjutnya, The Edge of the World adalah salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi di Riyadh. Tempat ini dipisahkan dari para pengunjungnya oleh jalan setapak yang berkelok-kelok di sepanjang bukit yang mengarah ke dataran tinggi Tuwaiq. Di sanalah, tersingkap pemandangan lembah yang menawan, dan cakrawala yang menakjubkan di sebuah ketinggian yang disebut 'Ujung Dunia', yang terletak 90 km dari kota Riyadh.

Dilansir di Riyadh Daily, 'Ujung Dunia' ini adalah bagian dari lereng Tuwaiq yang luas, yang membentang hingga lebih dari 600 kilometer di pusat Kerajaan Arab Saudi, dan itu menghadap ke jalan komersial kuno yang digunakan untuk melintasi Jazirah Arab dari Yaman ke wilayah Suriah.

Jeddah menjadi kota yang wajib dikunjungi saat pergi ke Saudi. Sebab, tidak ada tempat yang sebanding dengan pesonanya, geliat kehidupan dan pasarnya, dan kota tua yang ada di sana. Jeddah juga memiliki pantai yang menjadi pintu gerbang ke Makkah dalam sejarah Islam kuno.

Jeddah memiliki sebuah dimensi sejarah. Ketika mengunjungi kawasan Al-Balad yang dibangun pada abad ke-17, pengunjung akan menikmati salah satu pengalaman yang tak terlupakan. Di sana, terdapat pemugaran (pemulihan) dari rumah-rumah dan gang-gang yang bertujuan untuk melestarikan pesona dan keaslian daerah tersebut.

Di samping itu, kawasan populer lainnya di Jeddah ialah Jeddah Corniche. Kawasan ini berada di wilayah seluas lebih dari 30 km yang memeluk perairan Laut Merah. Terdapat banyak restoran, tempat hiburan dan taman untuk sekedar beristirahat dan relaksasi di sana.

photo
Gunung Shada di Al-Baha, Sektor Tihama, Provinsi Al-Makhwah, Arab Saudi, terkenal dengan gua granitnya yang luas. Kawasan ini merupakan destinasi wisata di Arab Saudi. - (Saudi Gazette)

Tempat seni telah berkembang pesat di Jeddah. Kini, tempat seni di kota itu berada di galeri-galeri yang sesuai dengan selera semua orang akan seni modern. Seni yang paling menonjol ialah Museum Patung Jeddah, yang terletak di Corniche. Selain itu, ada pula berbagai koleksi karya luar biasa yang didedikasikan untuk Jeddah, termasuk karya-karya dari Henry Moore, Jean Arp, Alexander Calder dan Joan Miro.

Selain itu, Jeddah juga memiliki kota Ilmu Pengetahuan dan Alam Internasional Al-Tayebat, yang menjadi salah satu tempat penting yang harus dikunjungi. Museum ini menampilkan berbagai macam monumen yang berasal dari sejarah Islam dan periode pra-Islam.

Selanjutnya, salah satu kota yang memiliki pangsa terbesar dari pariwisata domestik Saudi ialah Taif. Kota ini dijuluki 'Kota Bunga-bunga' dan 'Bride of Resorts' karena iklim musim panasnya yang sedang. Taif terkenal dengan tempat-tempat wisata yang menarik seperti museum, taman, pasar lokal, dan perkebunan buah-buahan dan bunga mawar/bunga-bunga aromatik.

Pusat budaya seperti Souk Okaz di sana, merupakan salah satu pasar tertua yang juga menjadi tempat para seniman, penyair dan intelektual berkumpul. Kota ini memiliki banyak landmark seperti Istana Shubra yang merupakan bagian dari Museum Regional Taif dan Telefric Al Hada, yang mengarah naik ke Gunung Al Hada dan turun ke resor desa Alkar.

 

Di Kerajaan Saudi, pengunjung juga bisa menikmati warisan sejarah, ekonomi dan budaya di wilayah Provinsi Timur di mana Dammam sebagai ibu kotanya. Kota itu merupakan pusat landmark budaya dan industri minyak dan gas. Salah satu tujuan budaya untuk seni, sains, dan inovasi di kota itu adalah King Abdulaziz Center for World Culture (Ithra). Pengunjung direkomendasikan untuk menghabiskan waktu seharian di pusat tersebut untuk menikmati perpustakaan, teater, bioskop, museum, galeri, Idea Lab dan tempat lokakarya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement