Asosiasi UMKM Minta Pemerintah Sosialisasi Sertifikasi Halal

Selasa , 29 Sep 2020, 16:54 WIB Reporter :Iit Septyaningsih/ Redaktur : Esthi Maharani
Syarat Mendapat Sertifikasi Halal Gratis
Syarat Mendapat Sertifikasi Halal Gratis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menggratiskan biaya sertifikasi halal bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satu syaratnya, omzet UMKM tersebut tidak lebih dari Rp 1 miliar.

 

Terkait

Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) M Ikhsan Ingratubun menilai, penggratisan itu sangat membantu UMKM. Dengan begitu, pelaku usaha lebih mudah melakukan sertifikasi halal produknya.

"Dengan penggratisan ini, UMKM akan menyertifikasi halal produknya," ujar dia kepada Republika, Selasa (29/9).

Hanya saja, lanjutnya, UMKM membutuhkan sosialisasi mengenai itu. Sosialisasi tersebut, kata Ikhsan, meliputi tata cara melakukan sertifikasi halal agar tidak dipungut biaya. "Jadi yang dibutuhkan UMKM saat ini sosialisasi dari pemerintah tentang biaya gratis dan tata caranya," kata dia.

Selama ini, lanjutnya, belum ada sosialisasi semacam itu. Padahal menurut dia, sosialisasi bisa mudah dilakukan lewat media sosial.  Ikhsan mengungkapkan, para pelaku UMKM belum menjadikan sertifikasi halal sebagai prioritas. Bagi mereka yang terpenting, produk tetap bisa dipasarkan.

"Sertifikasi halal bukan prioritas sepanjang bisa tetap jualan. Maka iklim usaha yang kondusif, itu yang utama," tegas Ikhsan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini