Selasa 13 Oct 2020 05:30 WIB

Nama Lain Sebutan untuk Ka'bah: Baitullah

Ka'bah memiliki nama sebutan lain.

Nama Lain Sebutan untuk Ka'bah: <em>Baitullah</em>. Foto: Sebuah foto yang dirilis oleh Kementerian Media Saudi menunjukkan proses penggantian kain kiswah Kabah yang baru di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Kamis (30/7).
Foto: EPA-EFE/SAUDI MINISTRY OF MEDIA
Nama Lain Sebutan untuk Ka'bah: Baitullah. Foto: Sebuah foto yang dirilis oleh Kementerian Media Saudi menunjukkan proses penggantian kain kiswah Kabah yang baru di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Kamis (30/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Selain sebutan Ka'bah itu sendiri, Alquran menyebutkan dalam berbagai nama. Di antaranya, Baitullah (Rumah Allah).

Nama ini disebutkan dalam Al-Quran surat Al Baqarah ayat 125:

Baca Juga

وَإِذْ جَعَلْنَا ٱلْبَيْتَ مَثَابَةً لِّلنَّاسِ وَأَمْنًا وَٱتَّخِذُوا۟ مِن مَّقَامِ إِبْرَٰهِۦمَ مُصَلًّى ۖ وَعَهِدْنَآ إِلَىٰٓ إِبْرَٰهِۦمَ وَإِسْمَٰعِيلَ أَن طَهِّرَا بَيْتِىَ لِلطَّآئِفِينَ وَٱلْعَٰكِفِينَ وَٱلرُّكَّعِ ٱلسُّجُودِ

“Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebagian maqam Ibrahim tempat salat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail; ‘Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang yang Thawaf, yang Iktikaf, yang Rukuk, dan yang Sujud’”.

 

Disebutkan juga dalam Alquran Surat Ibrahim Ayat 37 dan Al Hajj ayat 37. Al Qurthubi menegaskan bahwa menisbatkan rumah (Ka'bah) kepada Diri-Nya sendiri adalah dalam rangka mengaggungkan dan memuliakan-Nya, yaitu nisbatnya Makhluk kepada penciptanya.

sumber : Sejarah Mekah, Dr Muhammad Ilyas Abdul Ghani
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement